Kontingen Kawarcab Pramuka Tuban Terpilih Jadi Ikon Jawa Timur di Jambore Nasional XI

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah 16 anggota Pramuka dan dua pembina pendamping Jambore Nasional (Jamnas) XI Kontingen Kwarcab Tuban resmi berangkat dari Kompleks Pendapa Krida Manunggal Tuban. Mereka secara resmi dilepas oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Senin (8/8/2022). 

Pemberangkatan peserta Jamnas XI Kontingen Kwarcab Tuban disaksikan pengurus dan Wakil Ketua Kwarcab Tuban, andalan Cabang Binamuda, seluruh Ketua Kwarran dan orang tua peserta.

Anggota pramuka yang berangkat ke Jambore nasional berasal dari beberapa sekolah di Tuban. Kontingen Tuban akan bergabung dengan Jawa Timur di Jamnas XI di Bumi Perkemahan dan Wisata Cibubur pada 14-21 Agustus 2022. 

Ketua Kwarcab Pramuka Tuban, Kapten (Purn) Kacuk Karsono mengatakan, Kontingen Kwarcab Tuban akan diberangkatkan pada 11 Agustus mendatang untuk selanjutnya berkumpul dengan Kontingen Jawa Timur. Tidak hanya itu, Kabupaten Tuban juga ditunjuk sebagai ikon Jawa Timur pada pementasan di Jamnas XI.

“Regu pentas dan pameran akan berangkat hari ini dan mempersiapkan penampilannya,” jelasnya. 

Baca juga :

Bentuk Karakter dan Mental, WBP Lapas Tuban Dirikan Gudep Pramuka

Babinsa Bekali Pramuka SWK Bancar Tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Kemenkes dan Kwarnas Gerakan Pramuka Kerjasama Perkuat Sistem Ketahanan Kesehatan

Anggota Pramuka Tuban Jalani Seleksi Jambore Dunia

Mereka akan menampilkan pertunjukan kebudayaan dan kearifan lokal serta produk UMKM Kabupaten Tuban. Kacuk Karsono menambahkan peserta harus menjaga kekompakan dan kebersamaan baik sebagai kontingen Kwarcab Tuban maupun sebagai kontingen Jawa Timur. 

"Kontingen Kwarcab Tuban akan memberikan usaha maksimal dan mampu menampilkan yang terbaik," jelasnya. 

Sementara itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan kegiatan Jamnas XI ini merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk saling mengenali keberagaman suku adat bahasa serta agama dari seluruh kontingen Jamnas Pramuka dari seluruh Indonesia. Berbagai kegiatan Jamnas diharapkan memberikan inspirasi bagi para peserta, khususnya dari Kabupaten Tuban. Sekaligus menjadi momentum menjalin komunikasi yang baik antara anak bangsa. 

“Jamnas akan membentuk karakter Pramuka Sejati. Ilmu dan pengalaman yang diperoleh agar dapat ditularkan kepada anggota Pramuka lain di sekolah masing-masing,” ungkapnya.

Selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Tuban, Mas Lindra berpesan agar peserta Kontingen Jamnas Kwarcab Pramuka Tuban dapat menikmati setiap kegiatan dan mengharumkan kabupaten Tuban. Selain itu, mampu memberikan kontribusi terbaik untuk negeri ini dan pengembangan Gerakan Kepanduan di Indonesia. 

"Terima kasih dan apresiasi kepada jajaran Kwarcab Tuban yang telah membekali peserta dengan materi Kepramukaan maupun muatan lokal Kabupaten Tuban. Juga kepada orang tua peserta yang telah memberikan dukungan dan doa terbaik bagi anak-anaknya," tutupnya. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS