Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Besok hari Senin tanggal 8 Agustus 2022, bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1444 H adalah sunnah bagi umat Islam melaksanakan puasa sunnah Asyura.

Jika memiliki kehendak berpuasa Asyura, jangan lupa untuk membaca lafal niatnya. Juga ketahui pula apa keutamaan dari ibadah puasa di bulan Muharram ini.

Dilansir dari laman NU Online, Imam Abil Laits dalam kitabnya Tanbihul Ghafilin, menyampaikan bahwa dengan melaksanakan puasa sunnah di hari Asyura ini dapat menghapus dosa setahun. 

Selain itu, bersamaan dengan hari Asyura dianjurkan untuk menyantuni anak yatim. Terdapat sebuah hadist Rasulullah SAW yang menyebutkan 

 Ù…َنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ مِنَ الْمُحَرَّمِ أَعْطَاهُ اللَّهُ تَعَالَى ثَوَابَ عَشْرَةِ آلافِ مَلَكٍ ØŒ وَمَنْ صَامَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ مِنَ الْمُحَرَّمِ أُعْطِيَ ثَوَابَ عَشْرَةِ آلَافِ حَاجٍّ وَمُعْتَمِرٍ وَعَشْرَةِ آلافِ شَهِيدٍ ØŒ وَمَنْ مَسَحَ يَدَهُ عَلَى رَأْسِ يَتِيمٍ يَوْمَ عَاشُورَاءَ رَفَعَ اللَّهُ تَعَالَى لَهُ بِكُلِّ شَعْرَةٍ دَرَجَةً 

Artinya: “Barang siapa berpuasa para hari Asyura (tanggal 10) Muharran, niscaya Allah akan memberikan seribu pahala malaikat dan pahala 10.000 pahala syuhada’. Dan barang siapa mengusap kepala anak yatim pada hari Asyura, niscaya Allah mengangkat derajatnya pada setiap rambut yang diusapnya“. 

Terkait: 

Seperti yang telah diketahui keutamaan di hari Asyura ini sayang dilewatkan. Salah satunya lagi yaitu puasa sunnah Asyura. 

Berikut ini adalah niat puasa Asyura, bisa dibaca pada malam hari hingga akan keluarnya fajar:

 Ù†ÙŽÙˆÙŽÙŠÙ’تُ صَوْمَ عَاشُورَاءَ لِلّٰهِ تَعَالَى   

Nawaitu shauma Âsyûrâ-a lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: Saya niat puasa Asyura karena Allah ta’âlâ

Demikian keutamaan puasa sunnah Asyura yang sesuai penanggalan Hijriah jatuh pada besok 10 Muharram atau Senin 8 Agustus 2022. Jangan lupa membaca niat puasa Asyura ya, semoga bermanfaat.[dwi]

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS