Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Seorang warga di Kabupaten Tuban bernama Samini harus menelan kerugian puluhan juta dan kehilangan tiga ekor kambingnya karena dilahap api. Kejadian kebakaran tersebut berlangsung pada 5 Agustus 2022. 

Hewan ternak milik Samini hangus, setelah api sebelumnya melahap bangunan dan kandang. Total kerugian yang dialami Samini dari peristiwa tersebut kurang lebih Rp34,5 juta. 

Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar), Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban, Sutaji kepada blokTuban.com, Minggu (7/08/2022) mengatakan, rumah korban kebakaran tersebut berada di Dusun Jarum, Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding. 

"Diduga kebakaran rumah dan kandang Samini berawal dari bediang," kata mantan Camat Bancar itu. 

Baca juga :

Truk Box Gandeng Terbakar, Muatan Mie Instan dan Snack Berhamburan di Jalan Pantura Tuban

Rugi Rp 2,5 Milyar, Kebakaran Kandang Ayam di Tuban Lalap Bangunan dan 40.000 Ekor Ayam

9 Bencana Kebakaran di Tuban Sejak Januari-Juli 2022, Salah Satunya Rumah Mantan Kades

Sutaji menambahkan, bediang merupakan aktifitas rutin membuat perapian yang menghasilkan asap dan dilakukan pemilik ternak di Tuban saat malam hari. Tujuannya agar hewan ternaknya tidak digigit nyamuk. 

Nasib apes di alami Samini, karena angin bertiup kencang persikan api bediangnya mengenai kandang yang berbahan kayu. Api dengan cepat membesar, lalu menghanguskan seluruh bangunan beserta ternaknya. 

"Mendapat laporan kebakaran, tim Damkar langsung menuju lokasi kejadian," imbuhnya. 

Selain tim Damkar, petigas juga dibantu mobil suplai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban. Si jago merah akhirnya berhasil dijinakkan sekitar pukul 00.50 Wib. 

Selain memantau aktifitas bediang di dekat kandang ternak, Sutaji juga memberikan tips agar warga Tuban terhindar dari peristiwa kebakaran. Saat hendak bepergian dengan waktu cukup lama, langkah mudahnya cabut semua aliran listrik, melepas tabung LPG, mematikan kran air, dan mengosongkoan tandon air. 

Selain itu, supaya rumah aman semua pintu pagar, dan jendela harus dikunci rapat. Harapan Sutaji tips tersebut bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Tuban. [Nur/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS