Asuransi Jiwa Vs Asuransi Perjalanan, Apa yang Lebih Penting untuk Traveler?

 

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Asuransi jiwa memiliki fungsi yang berbeda dengan asuransi perjalanan, yaitu sebagai solusi finansial untuk keluarga ditinggalkan. Sementara itu, asuransi perjalanan hadir sebagai produk proteksi selama bepergian agar memberikan rasa aman, selamat, dan tenang saat berpergian.

 

Jenis asuransi jiwa dalam asuransi perjalanan bukanlah produk asuransi jiwa yang sudah dimasukkan ke dalam tiket yang kita beli, baik tiket pesawat, kereta, hingga kapal.

 

Melainkan, asuransi yang kita tanda tangani khusus untuk melindungi perjalanan selama liburan dari mulai berangkat, beraktivitas di tempat liburan, hingga pulang ke rumah.

 

Buat Anda yang belum memiliki produknya, bisa mendapatkan rekomendasi asuransi perjalanan Lifepal. Berikut ini adalah pemaparan ebih lengkapnya!

Yang Ditanggung oleh Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan akan memberikan kita perlindungan berikut ini:

1. Kehilangan Koper dan Bagasi Selama Penerbangan

Bepergian dengan pesawat familiar terhadap masalah kehilangan koper dalam penerbangan baik wilayah domestik maupun international flight. Tentu saja, masalah ini akan menghancurkan seluruh rencana dan suasana liburan jika terjadi di penerbangan keberangkatan.

Tak ingin kemungkinan koper hilang selamanya, asuransi perjalanan bisa memberikan kompensasi dari kehilangan koper dan bagasi agar kita tetap menikmati liburan tanpa harus repot mengurus semua masalah ini.

2. Tanggungan Biaya Medis dan Evakuasi Medis

Punya perusahaan yang siap melindungi kita dari biaya medis bila terjadi di perjalanan tentu membuat liburan jauh lebih tenang. Kita tidak perlu takut menghabiskan semua budget untuk itinerary karena terjadi masalah tidak terduga di perjalanan.

Jika Anda berlibur ke luar negeri, manfaat dari asuransi perjalanan ini akan sangat dibutuhkan, mengingat biaya medis di luar negeri bisa berkali-kali lebih mahal setelah dihitung dengan kurs ke rupiah.

3. Tanggungan Biaya Karantina dan Perawatan Medis karena Covid

Manfaat asuransi perjalanan ini hanya akan sangat dibutuhkan selama kita masih berada dalam masa pandemi.  Karena, beberapa negara masih mewajibkan pengunjung dari negara lain untuk karantina mulai dari 1 minggu hingga 14 hari bila ada indikasi positif Covid-19.

Biaya karantina pada 1 minggu pertama biasanya ditanggung oleh negara yang dikunjungi. Namun bila ada indikasi positif, maka wisatawan wajib menanggung sendiri biaya karantina mereka.

Saat itulah asuransi perjalanan dibutuhkan agar kita tidak perlu mengurangi budget untuk belanja selama liburan untuk membayar biaya karantina.

4. Santunan Kematian dan Disabilitas

Santunan kematian dan disabilitas santa bermanfaat untuk orang-orang yang kerap melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri.

Pasalnya, santunan kematian dan disabilitas akan diberikan ke ahli waris dari perusahaan asuransi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan tersebut.

Tak Hanya Asuransi Perjalanan, Anda Juga Harus Miliki Asuransi Jiwa

Asuransi perjalanan dan asuransi jiwa adalah salah satu produk asuransi yang bisa dikombinasikan. Karena itu, selain membeli asuransi perjalanan, asuransi jiwa penting dimiliki agar membuat perjalanan jadi jauh lebih nyaman.

Bila ada hal yang tidak diinginkan terjadi di perjalanan, maka asuransi jiwa maupun asuransi perjalanan akan memberi pertanggungan kepada keluarga pemegang polis.

Mengikuti asuransi perjalanan dari perusahaan asuransi jiwa yang sudah kita percaya akan memberi ketenangan ekstra. Sebab kita tahu asuransi tersebut pasti bertanggung jawab atas polis yang sudah ditandatangani.

Dengan mendaftar asuransi jiwa dan perjalanan secara bersamaan, jumlah premi yang perlu dibayar juga jadi lebih besar. Tapi polis travel insurance hanya berlaku selama perjalanan saja. Artinya, setelah liburan berakhir, kita hanya perlu membayar asuransi jiwa saja.

Rekomendasi Asuransi Perjalanan dan Asuransi Jiwa Terbaik

Banyak perusahaan asuransi menyediakan produk asuransi perjalanan dan asuransi jiwa, di antaranya:

●     Asuransi Sinar Mas

●     Asuransi Allianz

●     Asuransi AXA Mandiri

●     Asuransi Central Asia

●     Asuransi Zurich Topas Life

Itulah pentingnya melengkapi diri dengan asuransi perjalanan dan asuransi jiwa agar memberikan kenyamanan selama perjalanan, baik domestik maupun luar negeri.

 

Agar jelas dengan hal-hal yang akan ditanggung dan yang tidak akan bisa diklaim, Anda harus mempelajari polis dari kedua jenis asuransi ini. Semoga bermanfaat! [rof]