Perpustakaan Tuban Buka Jam Malam Bagi Pembaca Buku, Simak Jadwal Terbarunya

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com  - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kabupaten Tuban mulai menerapkan jam operasional pelayanan terbaru sejak awal bulan Juli 2022 lalu. Ketentuan ini menyusul situasi Pandemi Covid-19 yang mulai melandai di Bumi Ronggolawe. 

Kepala Disperpursip Tuban, Nur Khamid menerangkan bahwa perubahan tersebut sebagai upaya pemerintah untuk mengefektifkan jam berkunjung masyarakat terutama para pelajar. Pasalnya, selama ini jam operasional perpustakaan dinilai kurang efektif lantaran beroperasi pada jam sekolah ataupun jam kerja.  

"Saya lihat perpustakaan itu pelayanannya pada jam kerja dan sekolah, kan jadi nggak efektif ini. Kasihan anak-anak yang ingin menikmati pelayanan di perpustakaan," terangnya kepada blokTuban.com, Kamis (4/8/2022). 

Dari informasi yang dihimpun blokTuban.com, jam pelayanan terbaru dari Disperpusip Tuban yaitu Senin sampai Jumat mulai pukul 07.30 wib hingga 20.30 wib. Sedangkan pada hari Sabtu dibuka pada pukul 07.30 sampai 18.00 wib, dan Minggu mulai pukul 07.30 wib hingga pukul 13.00 wib. 

Baca Juga : 

Adanya tambahan jam operasional pelayanan ini, lanjut pria yang akrab disapa Khamid ini bertujuan agar masyarakat di Kabupaten Tuban lebih mudah untuk mengakses pelayanan di Perpustakaan, sehingga minat membaca masyarakat lebih tinggi. 

Saat ini Kabupaten Tuban juga sudah memiliki perpustakaan digital yang bisa diakses dengan mudah kapanpun dan dimanapun. Pembaca tanpa harus datang ke perpustakaan daerah.

"Kita kan juga harus mengoptimalkan perpustakaan yang bisa hadir langsung. Jadi tujuannya lebih memberikan kesempatan masyarakat Tuban untuk menikmati, mengakses dan membaca di perpustakaan," papar mantan Kepala Dinas Pendidikan Tuban itu. 

Pelatih gulat Tuban juga menambahkan dari 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban, hingga saat ini baru ada 11 kecamatan yang memiliki perpustakaan. Tersebar di Kecamatan Palang, Tuban, Rengel, Singgahan, Jatirogo, Kenduruan, Senori, Jenu, Tambakboyo. [Sav/Ali] 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS