Dua Siswa Tuban Lolos Paskibra Provinsi Jatim dan Jadi Cadangan Nasional

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dua siswa Kabupaten Tuban dinyatakan lolos menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Provinsi Jawa Timur dan juga lolos menjadi Paskibra Nasional.  Mereka bernama M. Arifqi Nur Faizin (provinsi) dan Aura Cahya Maharani (cadangan Nasional) dari SMAN 1 Tuban. 

Hal tersebut diungkap Kabid Kepemudaan dan Olahraga Disbudporapar Tuban, Arman Mitra di sela Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Kabupaten Tuban Tahun 2022, Kamis (04/08/2022) di Pendopo Kridho Manunggal yang diikuti 74 siswa tingkat SLTA se-Tuban. 

Selama 14 hari ke depan, puluhan siswa tersebut akan menjalani pendidikan dan karantina yang diawasi Pemkab dan pelatih. Anggota Paskibra itu kemudian digembleng fisik, materi baris berbaris, dan wawasan kebangsaan. 

"Pembagian regu Paskibraka pada saat upacara bendera didasarkan penilaian selama menjalani Diklat. Tim pelatih yang berhak menentukan siapa saja yang akan menjadi tim 8, tim 45, dan tim 17,” ujar Arman.

Baca juga :

- Calon Anggota Paskibraka Langsung Diuji Bupati

74 Anggota Paskibraka Tuban Dikukuhkan

Mantan pejabat Bappeda Tuban itu, menambahkan proses seleksi dilakukan mulai dari tingkat kecamatan yang terbagi dalam 4 regional, yaitu: Jatirogo, Montong, Rengel, dan Tuban. Dari 20 kecamatan didapatkan kurang lebih 130 siswa yang selanjutnya terseleksi menjadi 76 siswa. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky meminta Disbudporapar dan pelatih untuk fokus meningkatkan sisi religius setiap anggota. Bupati juga berpesan kepada anggota untuk menjadi sosok teladan di lingkungannya, memiliki kepekaan sosial, dan mampu menerapkan materi dari pelatih di kesehariannya. 

"Setiap anggota Paskibra harus mampu menekan egoisme agar dapat menyatu dan bekerja sama,” sambung Bupati Lindra. 

Bupati muda itu, meminta setiap siswa terbaik yang lolos mampu melaksanakan setiap tugas dengan penuh kebanggaan dan tanggung jawab. Sebab, banyak anak yang ingin menjadi Paskibraka namun hanya beberapa yang lolos menjadi anggota Paskibraka Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS