Atasi Jerawat di Wajah, Rahasia Kulit Glowing Ala dr Zaidul Akbar

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Saat ini memiliki kulit sehat nan glowing merupakan idaman setiap perempuan. Namun tidak jarang hal tersebut terkendala lantaran timbulnya jerawat di wajah.

Berikut ini dr. Zaidul Akbar membagikan resep sehat agar terhindar dari jerawat. Sehingga kulit cerah glowing dapat dengan mudah diwujudkan.

Dikutip dari kanal youtube dr Zaidul Akbar Official dikatakan untuk memiliki kulit sehat membutuhkan perawatan khusus. Salah satunya memperhatikan asupan makanan setiap harinya.

“Orang yang makannya baik, pasti wajahnya glowing, pasti glowing,” tutur dr Zaidul Akbar, dikutip pada Rabu, 3 Agustus 2022.

dokter yang mempopulerkan Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini mengatakan jerawat muncul pada kulit yang ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Selain  itu, jerawat terjadi tidak hanya di wajah. Namun jerawat yang biasanya ditandai munculnya bintik-bintik ini dapat muncul di beberapa bagian tubuh lain seperti leher, punggung, dan dada.

 Untuk mengatasi peradangan atau menghilangkan si jerawat tersebut, menurut dr. Zaidul tidak perlu menggunakan obat. Tiga hal yang digaris bawahi harus dilakukan untuk mengatasi jerawat yaitu:

1. Puasa

Menjalankan puasa adalah suatu proses memperbaiki tubuh dari dalam. Dimana puasa ini berdampak pada proses mengatasi jerawat.

"Banyakin puasa, fix your gut benerin usus anda," kata dokter praktisi pengobatan herbal ini.

Salah satu manfaat puasa adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Selin itu, manfaat lainnya adalah menjaga berat badan tetap idel.

Selama berpuasa tubuh melakukan detoksifikasi dari dalam. Sehingga berbagai macam racun yang terkandung dalam lemak akan terpecah. Kemudian racun tersebut dikeluarkan oleh tubuh saat proses detoks selesai.

2. Konsumsi makanan prebiotik

Makanan yang mengandung prebiotik adalah makanan biasanya tinggi serat. Prebiotik dibutuhkan tubuh agar asupan untuk bakteri baik dalam tubuh terjaga.

Sumber makanan yang mengandung prebiotik beberapa diantaranya bawang, daun bawang, asparagus, artichoke, biji-bijian (chia dan rami), kentang, wortel, dan apel. 

"Selain itu di dalam polifenol dalam kakao, beri, atau rempah-rempah. Dalam lemak dalam minyak zaitun, kacang-kacangan, atau ikan berminyak," kata dr Zaidul Akbar.

Selain itu, makanan yang mengandung pemanis alami seperti madu dna kurma berperan sebagai prebiotik yang baik.

3. Konsumsi makanan probiotik

Makanan probiotik sejauh ini  mudah ditemui. Yaitu cirinya semua makanan yang telah melalui proses fermentasi.

Mengutip pada laman Step To Health, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang dapat diberikan dalam jumlah yang cukup. Lantas dapat memberikan manfaat kesehatan pada organisme lain atau pada inangnya.

"Anda dapat menemukan kandungan probiotik dalam makanan fermentasi seperti yoghurt tawar, kefir kombucha atau minuman bersoda, tempe dan masih banyak lagi," ujar dr Zaidul Akbar.

Nah itu adalah cara untuk mengatasi jerawat yang merusak mood untuk bersolek. Dengan melakukan tips di atas semoga bermanfaat dan menjadikan kulit Anda sehat serta glowing.[dwi]

 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS