Rugi Rp 2,5 Milyar, Kebakaran Kandang Ayam di Tuban Lalap Bangunan dan 40.000 Ekor Ayam

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sebuah bangunan kandang ayam di Desa Cekalang, Kecamtan SOko, Kabupaten Tuban kebakaran pada Jumat (22/7/2022). Kerugian ditaksir mencapai Rp 2 Milyar yang melahap bangunan kandang dan 40.000 ekor ayam.

Informasi yang diterima dari Unit Reskrim Polsek Soko, kandang tesebut milik Anton Dwi Raharjo (31) warga setempat. Lokasi kandang ayam miliknya berada tidak jauh dari permukiman penduduk.

Terkait: 9 Bencana kebakaran di Tuban Sejak Januari-Juli 2022, Salah Satunya Rumah Mantan Kades

Kronologi kebakaran terjadi pada pukul 03:15 WIB dini hari (22/7) saat salah seorang warga bernama Kasri (56), yang hendak membersihkan rumahnya, melihat kobaran api yang berasal dari kandang Anton. 

Sontak ia berteriak memberitahu warga sekitar untuk segera memadamkan api. Sesaat kemudian sejumlah warga datang untuk membantu memadamkan api menggunakan peralatan seadanya.

Lalu dengan bantuan perangkat desa setempat, Saifudin melaporkan kebakaran tersebut ke Polsek Soko yang kemudian menghubungi Damkar Kabupaten Tuban.

Terkait: Kebakaran 3 Rumah Warga Tuban Salah Satunya Joglo, Kerugian Hampir Rp2 Milyar

"Kebakaran berhasil dipadamkan oleh PMK Kabupaten Tuban dan PMK Kabpaten Bojonegoro pada pukul 08.00 Wib," ujar Kapolsek Soko, Iptu Khoirul Amad.

Insiden kebakaran kali ini tidak ada korban jiwa. Namun demikian bangunan kandang ayam beserta isinya hangus dilalap jago merah. 

Akibat kebakaran ini, pemilik peternakan harus kehilangan  1 kandang ayam dari kayu bertingkat yaitu 3 lantai, 1 kandang ayam bangunan batu bata bertingkat yaitu 2 lantai, berserta isinya yaitu ayam potong sebanyak 40.000 ekor berumur 19 hari.

Terkait: Ngamuk Bawa Pisau Takuti Tetangga, ODGJ Tuban yang Dulu Pernah Ambil Kaos di Toko Kembali Diamankan

"Dengan tafsir kerugian materiil kurang lebih Rp.2.500.000.000,- (Dua miliar lima ratus juta rupiah, red)," kata Iptu Khoirul Amad.

Pasca api telha dipadamkan, Polsek Soko melakukan tindakan olah TKP, untuk mencari dugaan penyebab kebakaran dan mengamankan sekitar TKP.[dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS