Tahun Ajaran Sudah Berjalan Empat Hari, Walid Murid di Tuban Masih Berburu Seragam

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Tahun ajaran baru 2022/2023 telah dimulai sejak hari senin lalu dan kembali menggunakan sistem Pertemuan Tatap Muka (PTM). Kendati pengajaran sudah dimulai selama 4 hari, rupanya hingga kini masih banyak masyarakat yang berburu keperluan sekolah, terutama seragam. 

Salah seorang penjual seragam sekolah di Pasar Baru Tuban, Umi, mengatakan sampai saat ini penjualannya masih sangat tinggi. Bahkan, dalam sehari ia mengaku bisa menghasilkan uang hingga Rp2 juta. 

“Alhamdulillah memang untuk tahun ini meningkat daripada tahun kemarin, karena sekarang sudah normal. Satu harinya bisa dapat kira-kira Rp2 juta. Bisa cukup untuk diputar lagi, walaupun sudah masuk sekolah tapi masih ada yang membutuhkan seragam,” ungkapnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lapak jualannya, Kamis (21/7/2022). 

Terkait : BerSeragam Cokelat Lebih dari 36 Tahun, Menjelang Pensiun Anggota Polres Tuban Menerima Ini

Dalam menjual seragam sekolah tersebut, perempuan 30 tahun ini membandrolnya dengan harga mulai dari Rp110 ribu untuk satu stel pakaian terdiri dari kemeja dan rok. Menurutnya, seragam yang paling banyak dicari oleh masyarakat ialah seragam pakaian merah putih. 

Kendati hingga kini lapak jualannya masih ramai dikunjungi masyarakat, namun pedagang asal Kelurahan Doromukti, Kecamatan/Kabupaten Tuban ini mengaku puncak dari penjualan seragam dimulai sejak pertengahan libur sekolah. 

“Puncak-puncaknya itu waktu liburan dapat satu minggu sudah mulai mencari seragam para ibu-ibunya. Ini saya jual seragam pramuka, merah putih sama bawahan putih untuk batik, jilbabnya juga ada,” jelasnya.

Terkait : Kisah Moksa Mbah Guru Desa Ngrayung dan Larangan Peziarah BerSeragam Dinas 

Sementara itu, salah seorang pembeli asal Dusun Merik, Kelurahan Sidorejo, Yanti (40) mengatakan ia lebih senang belanja seragam di pasar tradisional karena harganya yang lebih terjangkau serta banyak pilihan merknya. Mulai dari kualitas standar hingga kualitas yang terbaik. 

“Kalau di pasar harganya terjangkau, murah terus kualitasnya juga bisa milih merknya ada yang bagus, sedang terus yang jelek juga ada tergantung harga. Anak saya usia 9 tahun, ini beli baju putih atasan saja karena bawahannya masih bagus,” katanya.  [Sav/Ali] 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS