Musim Hajatan, Penjual Daging Sapi Tuban Bisa Jual 1 Kwintal Daging Dalam Sehari

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Melimpahnya persediaan daging sapi dan kambing di tengah masyarakat pasca perayaan Hari Raya Idul Adha, membuat penjualan daging sapi di pasaran menurun. 

Berdasarkan pantauan blokTuban.com di Pasar Baru Tuban, stok persediaan daging masih cukup melimpah. Hal tersebut disinyalir lantaran sampai saat ini penyerapan daging sapi oleh masyarakat cenderung menurun karena masih memiliki daging kurban. 

Terkait : Daging Sapi di Tuban Naik, Cabai Turun hingga Rp5.000 per Kilogram 

Salah seorang penjual daging di kawasan Pasar Baru Tuban, Fauizi mengungkapkan jika saat ini penjualannya masih tertolong dengan masyarakat yang memiliki hajatan, sehingga penurunannya tidak terlalu signifikan. 

“Habis kurban ini pembeli rumah tangga sepi karena sudah punya sendiri-sendiri di rumah. Karena sekarang musim hajatan jadi tertolong masih ada yang beli tapi minggu-minggu ini trakhir, kalau sudah nggak ada hajatan ya sudah sepi,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Rabu (20/7/2022) saat ditemui di lapak jualannya. 

Kendati demikian, pria berusia 55 tahun ini mengaku bahwa harga daging yang dipasarkannya masih normal yaitu di kisaran Rp100-110 ribu untuk kualitas daging biasa. Sedangkan untuk daging yang berkualitas premium saat ini dibandrol dengan harga Rp120 ribu per kilogram.

Terkait : 9 Komunitas Ini Lakukan Gerakan Ramah Lingkungan di Tuban, Bagikan Daging Kurban Pakai Besek dan Daun Jati

“Harganya masih normal, Rp120 itu untuk daging yang bagus. Kalau daging yang biasa harganya Rp100 ribu sampai Rp110 ribu sat kilonya,” katanya. 

Kendati penjualan menurun, namun dalam sehari penjualan daging Fauzi masih cukup banyak yaitu kisaran 80 kilogram sampai satu kwintal daging, karena banyak masyarakat yang membeli dalam jumlah banyak. 

Sementara itu, Miyati, salah seorang pembeli daging mengatakan jika ia membeli daging untuk acara pernikahan putrinya. Ia mengungkap salah satun menu yang akan dihidangkan adalah rawon sehingga ia membutuhkan daging yang cukup banyak. 

Terkait : 2 Cara Ampuh Andalan Ibu-Ibu Hilangkan Bau Apek Daging

“Ini mau buat nikahan anak saya karena mau masak rawon buat tamu-tamunya. Memang sekarang ini kan musim hajatan bulannya bagus,” paparnya. [Sav/Ali]

Temukan konten Berita Tuban yang menarik lainnya di GOOGLE NEWS