Dengar Cabai Turun Harga, Emak-emak di Tuban Senang: Pernah Beli Rp1000 Dapat Satu Biji

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Harga komoditas cabai di Kabupaten Tuban berangsur turun. Pasalnya, sejak akhir bulan lalu, terpantau komoditas bahan pokok ini cenderung terus mengalami lonjakan, bahkan hampir menyentuh Rp100 ribu per kilogramnya.

Beberapa pekan sebelumnya harga cabai kriting mencapai angka Rp90 ribu, kini kembali turun dengan harga Rp75 ribu per kilogram. Sedangkan cabai rawit yang awalnya Rp93 ribu kini menjadi Rp60 ribu per kilogramnya. 

Sementara untuk cabai merah atau plompong harganya kini turun menjadi Rp70 ribu per kilogram. Salah seorang pedagang bahan pokok, Susi mengungkapkan turunnya harga komoditas cabai disinyalir ketersediaan stok atau pasokan dari petani yang mulai tersedia.  

Terkait: Minyak Goreng, Kedelai, dan Cabai di Tuban Turun Harga, Hanya Tepung Terigu yang Naik

“Iya harga cabai udah mulai turun dari 4 atau 5 harian lalu. Penyebabnya kurang tahu pasti, tapi mungkin karena stok nya sudah mulai ada lagi. Kalau kemarin kan pengeluaran sama pemasukan memang kurang seimbang,” katanya kepada blokTuban.com, Minggu (17/7/2022). 

Perempuan berkacamata itu juga menjelaskan, selain komoditas cabai, komoditas bawang merah dan bawang putih juga berangsur turun beberapa hari terakhir ini. Dari yang semula bawang merah seharga Rp70 ribu kini turun menjadi Rp63-65 ribu per kilogram. Sedangkan bawang putih kini dikisaran harga Rp22 ribu per kilogram. 

“Bawang juga harganya sudah mulai ikut turun,” tandasnya. 

Terkait : Cabai dan Bawang di Tuban Kompak Turun Harga hingga Rp10 Ribu per Kilogramnya

Turunnya sejumlah komoditas bahan pokok makanan tersebut, tentu disambut baik oleh kalangan masyarakat, terutama para ibu rumah tangga. Saat dikonfirmasi secara terpisah, Sutik, salah seorang ibu rumah tangga mengaku sangat senang dengan kabar tersebut, kendati harganya masih belum stabil namun dikatakannya jika hal tersebut sudah menunjukkan tanda baik. 

“Dengarnya ya senang mbak, walaupun harga itu masih terbilang mahal tapi Alhamdulillah sedikit-sedikit sudah mulai turun, kemarin itu sempat saya beli cabai merah Rp1000 cuma dapat satu. Tapi bawang itu saya kemarin yang sedih sekali karena kalau masak nggak bisa tanpa bawang,” katanya. [Sav/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS