Kumpulan Doa-Doa Agar Hati Tenang dan Ikhlas

Oleh : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Tidak ada satupun manusia yang tidak pernah mendapat ujian, seperti diliputi rasa gelisah, sedih atau perasaan lain yang membuat tidak tenang. Sebagai seorang muslim sudah tentu perlu memahami dan megamalkan doa-doa sesuai syariat agar dapat mengatasi situasi tersebut.

Mengamalkan sejumlah doa untuk ketenangan hati tentu memiliki banyak manfaat. Salah satunya agar kalian bis amenjalani hari dengan ikhlas dan diberi kelancaran melakukan suatu hal.

 

Biasanya melafalkan doa dianjurkan setelah melaksanakan ibadah sholat. Sebab mendekatkan diri kepada Allah adalah yang pertama. Kemudian setelahnya dapat memanjatkan doa bagi ketenangan jiwa.

Dikutip dari buku Abu Ayyub El-Faruqi yang berjudul Doa Dzikir Muslimah, beberapa kumpulan doa yang bisa diamalkan yakni:

 

1. Doa agar Hati Tenang dan Ikhlas Arab:

 

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul’udatam-milisaanii, yafqohuu qoulii

“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekauan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

 

2. Doa agar diperbaiki segala urusan:

 

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًا فِيْ قَلْبِيْ، وَنُوْرًا فِيْ قَبْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ سَمْعِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَصَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ شَعْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَشَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ لَحْمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ دَمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ، وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ، وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ، وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ، وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًا، وَاَعْطِنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا

Allāhummaj‘al lÄ« nÅ«ran fÄ« qalbÄ«, wa nÅ«ran fÄ« qabrÄ«, wa nÅ«ran fÄ« sam‘Ä«, wa nÅ«ran fÄ« basharÄ«, wa nÅ«ran fÄ« sya‘rÄ«, wa nÅ«ran fÄ« basyarÄ«, wa nÅ«ran fÄ« lahmÄ«, wa nÅ«ran fÄ« damÄ«, wa nÅ«ran fÄ« ‘izhāmÄ«, wa nÅ«ran min bayni yadayya, wa nÅ«ran fÄ« khalfÄ«, wa nÅ«ran ‘an yamÄ«nÄ«, wa nÅ«ran ‘an syimālÄ«, wa nÅ«ran min fawqÄ«, wa nÅ«ran min tahtÄ«. Allāhumma zidnÄ« nÅ«rā. Wa a‘thinÄ« nÅ«rā. Waj‘al lÄ« nÅ«rā. Waj‘alnÄ« nÅ«rā.

"Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya."

 

3. Doa memohon ketenangan jiwa

 

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

“Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna'u bi'athoika.”

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu."

 

3. Doa Diperbaiki Segala Urusan:

 

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlihli syani kullahu lailaha illa anta.

“Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, maka janganlah Engkau bebankan pada diriku walau sekejap mata pun (urusan-urusan tersebut) dan perbaikilah segala urusanku, tidak ada Tuhan selain Engkau.”

 

4. Doa Memohon Lebih Banyak Berkah:

 

وَالضُّحٰىۙ وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ وَوَجَدَكَ عَاۤىِٕلًا فَاَغْنٰىۗ فَاَمَّا الْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْۗ وَاَمَّا السَّاۤىِٕلَ فَلَا تَنْهَرْ وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

“Demi waktu dhuha (ketika matahari sepenggalah). Dan demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu, Dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan, Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas.

Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungi(mu) Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang bingung, lalu Dia memberikan petunjuk, dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan, Maka terhadap anak yatim janganlah engkau berlaku sewenang-wenang. Dan terhadap orang yang meminta-minta janganlah engkau menghardik (nya). Dan terhadap nikmat Tuhanmu hendaklah engkau nyatakan (dengan bersyukur).”

Demikian kumpulan doa agar hati diberi ketenangan oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat. [dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS