Ketahui 5 Manfaat Ketumbar Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Oleh: Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Ketumbar selama ini diketahui sebagai salah satu bumbu dapar. Namun ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya ampuh menurunkan koleterol dalam darah.

Mengutip dari Organic Facts, ketumbar mengandung  Vitamin B, Vitamin C Kalium, Tembaga, Magnesium, Mangan Seng, Zat besi dan  Kalsium. Tidak heran ketumbar juga digunakan dalam sejumlah pengobatan alternatif.  

Efek samping dari akibat mengkonsumsi ketumbar berlebihan bisa menyebabkan gangguan fungsi hati dan sakit perut.  Selain itu, konsumsi ketumbar terlalu banyak juga bisa menyebabkan turunnya tekanan darah.  

Sebab itu bijaklah dalam mengonsumsi ketumbar baik itu dijadikan pengobatan. Berikuti ini 5 manfaat ketumbar yang selain menyedapkan masakan juga dipercaya menyembuhkan beberapa penyakit:

1. Menurunkan kolesterol 

Ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang berperan menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan tekanan darah. Ketumbar juga memiliki sifat diuretik yang berperan untuk membantu mengeluarkan zat beracun dari dalam tubuh.  

2. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Sejumlah zat yang terkandung dalam ketumbar dipercaya dapat mengatasi kerusakan sel akibat radikal bebas. Bahkan pada sebuah penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa antioksidan dalam ekstrak biji ketumbar menurunkan peradangan dan memperlambat pertumbuhan sel kanker paru-paru, prostat, payudara, dan usus besar.  

3. Menjaga kesehatan otak  

Selain sebagai antioksidan, ketumbar juga memiliki sifat antiinflamasi yang bisa menurunkan risiko penyakit otak seperti parkinson, alzheimer, dan multiple sclerosis.  Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan ekstrak ketumbar melindungi mereka terhadap kerusakan sel saraf setelah kejang akibat obat.

4. Menurunkan diabetes atau gula darah  

Pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The British Journal of Nutrition menunjukkan ekstrak biji ketumbar bersifat anti-hiperglikemik, pelepasan insulin, hal tersebut bermanfaat untuk menjaga kadar glukosa dalam darah tetap stabil. Ketumbar membantu mengelola penderita diabetes secata alami dengan merangsanag sekresi insulin. 

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan  

Ketumbar yang telah diproses menjadi minyak dapat mempercepat dan meningkatkan kesehatan pencernaan.  Sebuah penelitian menunjukkan ketumbah secara signifikan bisa mengurangi kembung atau sakit perut lainnya dan ketidaknyamanan pencernaan. [dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS