Libur Idul Adha, Kunjungan Wisatawan di Pantai Kelapa Tuban Justru Turun

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kunjungan wisata di hari libur Idul Adha 1443 H justru mengalami penurunan, meski berada di momen libur sekolah. Salah satu yang mengalami penurunan jumlah kunjungan wisatawan adalah Pantai Kelapa Tuban di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. 

"Libur Idul Adha ini kunjungan wisatawan turun hampir 50 persen," kata Ketua Pokdarwis Pantai Kelapa Tuban, Muhasan kepada blokTuban.com, Senin (11/7/2022).

Muhasan memprediksi, penurunan kunjungan di objek wisata yang dikelolanya merupakan dampak dari aktifitas kurban. Biasanya para wisatawan masih fokus untuk mengolah daging yang diperoleh di momen Idul Adha. 

Terkait : 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo

Berbeda dengan libur Idul Fitri yang membawa berkah bagi Pantai Kelapa. Tercatat kunjungan pada Senin ada 700 orang untuk berwisata, kemudian Selasa 2000 orang, Rabu 7000 orang, dan Kamis 8.100 orang.

"Tiket masih sama yaitu Rp10 ribu per pengunjung," imbuh pria ramah ini. 

Saat ini, daya tarik di Pantai Kelapa bukan sekedar wahana permainan, tetapi juga spot foto baru, cafe, restoran, stand makanan dan  minuman, serta berbagai macam hiburan yang membikin pengunjung betah berlama-lama menghabiskan liburannya. 

Seperti namanya, minuman khas di wisata ini adalah es kelapa muda. Rasanya yang segar dan nikmat dapat menghilangkan dahaga bagi pengunjung yang datang dari luar kota. 

Terkait : Kare Lobster dan Rajungan di Warung Ini Pedasnya Nendang

Sedangkan untuk makanannya, pengunjung perlu mencoba seafood keroyokan. Founder Seafood Pantai Kelapa sengaja mengangkat menu andalan seafood keroyokan yang berisi beragam kerang, kepiting, rajungan, cumi - cumi dan udang dengan berbagai varian.

Isinya komplit terdiri dari kerang hijau, kerang batik, dan kerang tahu. Dalam satu porsi dapat disantap berlima, sehingga bisa rame-rame dan cocok banget untuk keluarga maupun kolega. 

Seafood keroyokan merupakan ide baru di Kabupaten Tuban dan berbeda dengan menu di restoran lainnya. Sesuai dengan potensi kunjungan di Pantai Kelapa pada akhir pekan mencapai 8.000 orang, belum dihadirkan menu khasnya Tuban. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS