Empat Pencuri Puluhan Buku di Tuban Terancam 5 Tahun Penjara, Polisi Ungkap Modusnya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Empat pencuri puluhan buku di toko Pustaka 2000 Tuban Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Kebonsari, Tuban pada Kamis (16/6/2022) sekira pukul 15.20 Wib terancam mendekam di penjara selama lima tahun. 

Mereka dijerat Pasal 363 AYAT 1 KE 4E KUHP dengan perkara pencurian dengan pemberatan berupa buku cerita di Kabupaten Tuban. Berdasarkan laporan LP-B/ /VI/2022/SPKT POLRES TUBAN /POLDA JATIM, tanggal 16 Juni 2022. 

Berdasarkan keterangan Polres Tuban, identitas empat pencuri buku yaitu Totok Hardiyanto (58) alamat Jl Anglingdarmo II No.6 Rt 3, Rw 3 Dusun Penumping, Kelurahan Penumping, Kecamatan Laweyan, Kabupaten Surakarta, Jawa Tengah. Giyanto hadi (65) beralamat Komplek Jati unggul Blok B 13/05 Rt 09/ Rw 014 Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi. 

Baca Juga : Nasib Apes Spesialias Maling Toko Buku pustaka 2000 Tuban, Tertangkap Sebelum Lolos ke Lamongan

Aliyansyah (47) alamat Jl Ks Tubun GG Sekeluarga II No 27 Rt 01 Rw 01 Kelurahan Pekauman, Kecamatan Banjarmasin, dan Andi Krisdian (49) beralamat Jl P Maluku 5 No.303 Rt 7, Rw 7 Kelurahan Aren Jaya Kecamatan Bekasi timur, Kota Bekasi, Jawa Barat. 

Modus keempat pencuri tersebut kemudian diungkapkan oleh Kapolres Tuban, AKBP Darman. Para pelaku mencari toko buku yang besar di daerah yang di lewati atau di singgahi lalu dijadikan sasaran pencurian. 

"Mereka berpura pura membeli buku tapi bila penjaga toko ataiu pelayan toko lengah buku buku yang diu curi tersebut di masukan di dalam tas yang di bawa oleh para pelaku," ujar Kapolres Tuban dalam siaran pers di Mapoplres Tuban, Kamis (23/6/2022). 

Saat mereka beraksi di toko Pustaka 2000, lanjut Kapolres ada 55 buku dengan berbagai judul hilang. Pelaku mengendari mobil Toyota Avanza warna silver yang diparkir di Jl. AKBP Suroko untuk memudahkan kabur. 

Baca Juga : Komplotan Maling Buku di Toko pustaka 2000 Tuban Saat di Polsek Palang

Pencuri nyaris kabur ke wilayah Lamongan, akan tetapi sekitar pukul 16.00 Wib mobil yang dikendari pelaku berhasil dihadang dan dihentikan oleh petugas lalu lintas.

"Toko Pustaka 2000 Tuban diduga mengalami kerugia materi sebesar Rp2.668.500," imbuhnya. 

Darman menambahkan, dari setiap pencuri petugas menyita barang bukti. Tas Giyanto Hadi berisi 14 buku berjudul Kecil Kecil Punya Karya (KKPK), satu unit mobil Toyota Avanza nopol B 2810 KMI, baju kemeja, dan celana kain. 

Tas Totok Hardiyanto berisi 13 buku berjudul PPKP, tiga buku berjudul aku bisa berkarya, tiga buku berjudul Si Juki Diplomasi vs Pandemi, kaos biru, dan celana pendek.

Sementara isi tas Alinyansyah berisi sebuah buku berjudul KKPK, buku si Juki Diplokasi vs pandemi, empat buku Si Juki Jawara tarkam, enam buku berjudul si juki seri keroyokan, delapan buku berjudul si juki seri jalan-jalan nusantara, kaos hitam, dan celana jeans. 

"Bb dari Andi Kridian hanya kemeja dan celana pendek," tutupnya. [Ali] 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS.