Kisah Inspiratif Difabel Asal Tuban, Kreatif Bikin Miniatur Truk Modal Tutorial Youtube

Reporter: Muhammad Nukholis

blokTuban.com - Zaenuri (17) seorang difabel asal Dusun Mboro Desa Banjararum, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban memiliki bakat luar biasa. Dengan keterbatasannya ia bisa membuat sebuah miniatur truk yang memiliki nilai jual hanya mengandalkan kaki.

Bermula saat 2020 saat itu fenomena truk oleng lagi booming-boomingnya ia tertarik untuk membuat sebuah miniatur truk. Berbekal melihat tutorial dari Youtube ia bisa membuat sebuah mahakarya miniatur truk dari bahan triplek 3mm, pvc dan akrilik.

Baca juga:  Bermula Patah Hati, Habib Najib Kini Handal Lukis Wajah Realis

“2020 awal saya tertarik membuat sebuah truk saat itu lagi booming truk oleng saya liat liat di youtube untuk belajar dan ternyata berhasil,” ucap Zaenuri kepada blokTuban.com, Minggu (19/06/2022).

Miniatur truk karya Zaenuri. (Foto: Nur/blokTuban.com)Miniatur truk karya zaenuri. (Foto: Nur/blokTuban.com)

 

Alat yang dibutuhkan untuk membuat sebuah truk yaitu pensil, silet, amplas, dempul. Satu buah truk biasanya dapat ia selesaikan dengan kurun waktu 2 bulanan, hal ini dipengaruhi karena ia masih menempuh pendidikan di SMK PLUS AL HADI mengambil jurusan Multimedia.

Baca berita menarik lainnya DI SINI 

Zaenuri biasanya mengerjakan sebuah miniatur dari pesanan orang. Biasanya ia mempromosikan produknya melalui media sosial seperti Facebook, dan WhatsApp. Pada awal pembuatan ia menjual miniatur truk dengan harga Rp300 ribu dan sekarang ia dapat menjual truk hingga jutaan rupiah tergantung kerumitan dan lama pengerjaannya.

“Untuk miniatur biasa saya bandrol dengan harga Rp300 ribu dan untuk spesifikasi tertinggi truk bisa oleng plus lampu dibandrol dengan harga Rp1 juta serta tergantung skala,” tambahnya.

Baca juga: Berusaha dari Nol, Magister Penjual Kerupuk Seblak Asal Tuban yang Kini Banjir Orderan

Untuk yang berminat memesan truk bisa menghubungi akun Facebook Znri id atau menghubungi nomor WhatsApp 0857-3207-4051.[Nur/Dwi]