2,5 Persen Penduduk Jatim Pernah Gunakan Narkoba, Forkopimda dan Pesepeda Tuban Tolak Narkoba

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Berbagai komunitas pesepeda hingga perorangan penghobi fun bike tumpah ruah di kawasan GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban di Jalan Teuku Umar Tuban, Minggu (19/6/2022). Mereka kompak memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2022 yang digelar oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban. 

Event fun bike masih menjadi pilihan olahraga yang masih digemari oleh masyarakat di Kabupaten Tuban, seiring dengan meredanya pandemi Covid-19. Dengan membeli tiket Rp25.000, peserta fun bike berharap nasibnya mujur bisa membawa pulang 2 unit sepeda motor sebagai hadiah utama. 

Fun bike dalam rangka HANI 2022 tersebut, juga dihadiri BNNP Jawa Timur, Bupati Tuban, Kapolres, Dandim 0811, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Kejaksaan, Kalapas, kepala OPD, para sponsor, dan stakholder lainnya. 

Baca Juga: Bukan Narkoba, BNNK Temukan Benda Ini di Blok Lapas Tuban

Dengan menempuh rute pendek, peserta fun bike tak sampai satu jam sudah kembali ke GOR Tuban sebagai titik startnya. Sebelum hadiah utama diundi langsung oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, para peserta dan pengunjung GOR yang bertepatan adanya Car Free Day (CFD) dihibur live musik. 

Dalam sambutannya, Kepala BNNP Jatim, melalui bagian umum, Bagus Priyo menjelaskan, bahwa momentum ini harus dijadikan spirit bersama memberantas penyelahgunaan di Kabupaten Tuban. Sekaligus meningkatkan komunikasi, koordinasi, kolaborasi untuk melaksanakan program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

Baca Juga : P4GN Masuk Kurikulum Sekolah dan Madrasah

"BNN memiliki tugas yang terukur dalam memberantas Narkotika. Selain itu, menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat yang membutuhkan arahan atau bimbingan untuk menjauhi Narkotika itu," ujar Bagus di hadapan Forkopimda Tuban, dan peserta fun bike. 

Data BNN Nasional, penyalahgunaan Narkotika tahun 2021 meningkat dari sebelumnya 1,8 persen atau 3 juta 419 orang dan menjadi 1,95 persen atau 3 juta 662 orang. Sedangkan berdasarkan survei penyalahgunaan Narkotika di tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2019 sebanyak 2,5 persen atau sebanyak 1 juta 38 ribu penduduk Jatim pernah gunakan Narkoba.

Baca Juga : TPPI Siap Perangi Narkoba Bersama BNNK Tuban

Dalam kesempatan itu, Bupati Tuban, Lindra juga mengajak seluruh masyarakat pesepeda yang hadir untuk menolak Narkoba. Selanjutnya seluruh pihak kompak mencanangkan desa bersih narkoba (bersinar) tahun 2022. 

"Mari kita bersama-sama kita tolak Narkoba," kata Lindra.

Pihak BNN juga menyerahkan penghargaan kepada Forkopimda sponsor serta stakeholder yang selama ini mendukung program P4GN. Diantaranya PT.SIG Tuban, PT. TPPI, PJB Ubjom PLTU Tanjung Awar-awar, serta lainnya. [Ali]

Temukan Konten Berita Tuban Menarik Lainnya di Google News.