17:00 . Sinopsis Film Argantara yang Dibintangi Aliando dan Natasha Wilona   |   16:00 . Nasabahnya Jadi Korban Link Mirroring , BRI Tuban: Itu Keteledoran, Tak Ada Ganti Rugi   |   15:00 . Film Berjudul Sandal, Antarkan Guru Tuban Juara di GCC Batch 3   |   14:00 . Cabai dan Tomat di Tuban Turun Rp3.000, Telur Ayam Naik Rp1.833 per Kilogram   |   13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekening Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |   15:00 . Peringati Hari Pohon se-Dunia, 22 Komunitas dan Ormas Gelar Reboisasi di Tuban-Bojonegoro   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

BMKG Tanjung Perak Surabaya Imbau Masyarakat Pesisir Tuban Waspada Banjir Rob

bloktuban.com | Monday, 13 June 2022 12:00

BMKG Tanjung Perak Surabaya Imbau Masyarakat Pesisir Tuban  Waspada Banjir Rob Surat Imbauan banjir rob dari BMKG Tanjung Perak Surabaya. (Nur/blokaTuban.com)

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Tanjung Perak Surabaya memberikan himbauan kepada masyarakat daerah pesisir Tuban bahwa pada tanggal 12 sampai 17 Juni 2022 akan ada fenomena pasang maksimum air laut akibat pasang purnama yang berpotensi menimbulkan banjir rob. 

Hal ini tentunya harus diwaspadai oleh masyarakat yang ada di pesisir terutama nelayan dan juga pedagang yang berjualan di pesisir laut.

Baca juga: Warga Tuban Mulai Mengungsi, Hadapi banjir rob Terburuk Sejak 1993

Akan tetapi keadaan ini tidak akan separah kejadian kemarin bahwa jika terjadi banjir rob tidak akan separah banjir rob kemarin akan tetapi tetap himbauan untuk masyarakat tetap waspada dan selalu update prakiraan gelombang , karena perkiraan gelombang laut mencapai 1.00 meter. 

"Dan untuk hari Senin 13 Juni di prediksikan gelombang antara 0.20 – 1.00 meter," ujar Arbi Bagian data dan Informasi BMKG Kabupaten Tuban melalu pesan WhatsApp kepada blokTuban.com, Senin (13/06/2022).

Baca juga: Fasilitas Olahraga di Tuban Rusak Diterjang Ombak, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Akan tetapi adanya himbauan ini masih belum diketahui oleh beberapa masyarakat seperti Anik(37) pedagang di area Mangrove Center ia biasanya mendapatkan informasi dari desa tetapi saat ini dia belum mendapatkan informasi dan belum mengamankan barang-barang yang ada di lokasinya berjualan. 

Sampai saat ini, lanjut Anik, belum ada informasi tetapi jika memang ada banjir rob lagi ia akan mengamankan dagangannya saat air laut mulai mendekati lapak

"Usai banjir rob kemarin pengurus Mangrove Center sudah melakukan antisipasi dengan cara meninggikan tanggul," tambahnya.

Tidak tahunya informasi juga dialami oleh Joko (41) salah satu tokoh nelayan Karangsari kepada blokTuban.com mengatakan sampai saat ini nelayan Karangsari masih melaut.

Baca juga: Kandang Rusak Diterjang banjir rob, Peternak Ayam Aduan Rugi Rp10 Juta

"Kondisi laut sampai saat ini masih aman. Biasanya masyarakat Karang sari mendapatkan informasi dari masing-masing ketua rukun nelayan dan info tersebut biasanya berasal dari dinas mas” kata Joko.

Pesan dari BMKG Kabupaten Tuban untuk nelayan mohon diperhatikan resiko terhadap keselamatan pelayarannya kalau gelombang di atas 1.25 meter. Dan tetap waspada apabila terdapat awan Cumulonimbus (CB) dapat mengakibatkan angin kencang dan tinggi gelombang laut.[Nur/Dwi]

Dapatkan Berita Tuban menarik lainnya DI SINI 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, BMKG , waspada banjir rob



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat