Pemkab Tuban Minta Perhotelan Promosikan Produk Lokal, Pelaku Usaha: Optimis UMKM Naik Kelas

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan industri kreatif lainnya untuk masuk ke sektor perhotelan. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin), Sugeng Purnomo berharap jika sektor perhotelan mau memberikan wadah para industri kreatif memasarkan produk-produknya.

Sebab menurutnya, selain dapat menjadi ajang promosi, adanya sejumlah produk lokal di hotel juga bisa menjadi salah satu langkah agar produk-produk buatan warga Tuban bisa dikenal oleh masyarakat dari luar Kabupaten, sehingga pangsa pasar menjadi lebih luas lagi. Kamis (9/6/2022). 

"Tamu dari hotel biasanya dari berbagai daerah sehingga dapat memperluas jaringan promosi," terang Kepala Disnakerperin  Kabupaten Tuban, Sugeng  Purnomo. 

Menanggapi hal tersebut pelaku usaha sekaligus Ketua UMKM WIT (Wirausaha Inovatif Tuban), Sri Rahmaningsih mengungkapkan terimakasih kepada pihak  yang telah menyediakan tempat untuk para pelaku UMKM sehingga produk yang dipasarkan bisa lebih dikenal hingga luar daerah Tuban. 

"Sebagai pembuktian bahwa UMKM juga bisa naik kelas, meski dipasarkan di hotel penjualannya juga tetap bagus. Dan terimakasih kepada pihak hotel yang sudah menyediakan tempat untuk para UMKM sehingga produk-produk juga bisa lebih dikenal di luar Tuban, semoga bisa diikuti hotel-hotel lainnya," ungkap Sri Rahmaningsih.

Sementara itu, pelaku UMKM lainnya, Kayami mengungkapkan jika hingga saat ini setidaknya sudah ada dua hotel ternama di Tuban yang menyediakan tempat untuk para pelaku-pelaku usaha di Bumi Wali ini. 

Menurutnya, khusus untuk pengusaha makanan terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk turut memasarkan produk yaitu memiliki legalitas produk yang jelas dan lengkap. Seperti sudah terdaftar BPOM ataupun P-irt, selain itu juga diwajibkan untuk mengikuti kurasi. 

Dengan adanya wadah baru ini, lanjut Ami menjadikan para pelaku usaha menjadi lebih semangat untuk berinovasi dan berharap bisa menghasilkan produk-produk lokal jauh lebih baik lagi, sehingga mampu membawa IKM Tuban lebih maju dan melebarkan sayap. 

"Saya berharap semua hotel di Tuban bisa berkolaborasi dengan para IKM biar bisa lebih giat dan semangat lagi. Jangan mau kalah dengan produk pabrik kalau bisa," papar pengusaha Kripik Pare asal Kecamatan Bancar itu. [Sav/Dwi]

Dapatkan Berita Tuban Lainnya DI SINI