Viral! Pria Gresik yang Nikahi Domba Dikecam Muhammadiyah dan NU

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Video yang tengah viral dimana memperlihatkan seorang pria menikahi seekor domba mendapat kritik masyarakat hingga sejumlah ulama. Muhammadiyah dan Nadhlatul Ulama (NU) bahkan mengecam adegan tersebut.

Menurut penjelasan PD Muhammadiyah Gresik, Mohammad In'am, manusia menikahi domba adalah perilaku penyimpangan. 

Bagaimana bisa sesuatu yang sakral dijadikan bahan konten media sosial. Apabila dibiarkan, Mohammad In'am kuwatir akan berpotensi merusak akidah agama Islam. 

"Pelakunya harus cepat bertobat dan pihak berwenang dalam hal ini Kemenag harus cepat turun tangan," katanya mengutip dari suara.jatim.com jaringan blokTuban.com pada Rabu (8/6/2022).

Terlebih video tersebut sudah viral, dikuatirkan respon masyarakat menambah suasana lebih keruh.

"Lha wong sing ayu-ayu jik akeh, kok milih wedhus (Wanita yang cantik-cantik masih banyak, kok pilih kambing),” ujarnya. 

Dalam video tersebut menampilkan prosesi dan busana nikah sebagaimana orang umum lakukan. Mengenakan baju adat Jawa dan sejumlah pengiring manten melengkapi adegan yang dikatakan hanya sebuah konten.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Sekretaris PCNU Gresik, Moh. Syifa’ul Fuad, mengatakan, konten yang ditayangkan di media sosial hendaknya mengedepankan sisi edukatif. 

"Harus mengedepankan edukasi daripada sensasi menyesatkan," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Gus Syifa' tersebut meminta yang bersangkutan menghapus video tersebut. 

"Tetapi, kalau video dan sudah viral itu orientasinya mengandung ajaran sebuah faham, maka pihak berwenang dalam hal ini Kemenag harus cepat turun tangan dan melakukan pembinaan,” kata Gus Syifa'.

Senada dengan Muhammad In'am, Gus Syifa’ juga mengkhawatirkan reaksi masyarakat setelah menonton video itu. 

Bisa jadi menimbulkan berbagai bentuk respon masyarakat, jika tidak diantisipasi menjadi masalah berkepanjangan.

Selain itu, ia meminta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gresik turut menangani kasus tersebut.

"Sebab, di dalamnya juga ada anggota dewan yang memfasilitasi pernikahan aneh itu,” tandasnya .

Bagaimana faktanya?

Seperti diketahui video yang mengegerkan masyarakat tersebut dipergakan oleh pria bernama Saiful Arif (44) asal Desa Klampok, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik. 

Sedangkan si domba putih diberi nama Sri Rahayu binti Bejo. Pernikahan keduanya dilaksanakan di Pesanggrahan Keramat Ki Ageng, Desa Jogodalu, Kecamatan Benjeng, Gresik pada Minggu (5/06/2022).

Video tersebut viral setelah diunggah oleh channel youtube bernama 'rey toet tv' yang diberi judul 'Viral! Pernikahan Pria Asal Gresik Menikahi Seekor Domba katanya Dapat Wangsit'.

Yang bersangkutan atau pengunggah video tersebut menyatakan video ini hanya sebatas konten belaka. Mereka memproduksinya secara sadar dan menyebarkannya ke media sosial.

"Katanya untuk konten Youtube dan TikTok," tulis keterangan terkait unggahan youtube tersebut. 

Sementara itu, pada unggahan video viral tersebut di akun instagram blokTuban.com pada Senin, 6/6/2022) mendapat respon tidak kalah menarik.

"Mending ngene ra resiko (Mending begini tidak resiko)," tulis pemilik akun bernama @setiawan.danangg 

"Pekok e ra ketulungan (Pekoknya tidak tertolong)," tulis pemilik akun bernama @masbertomacho2020. [Dwi]