Tak Kunjung Turun, Kini Harga Cabai Rawit di Tuban Tembus Rp85 Ribu Per Kilogramnya

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Beberapa hari belakangan ini, harga komoditas cabai terpantau terus mengalami trend kenaikan. Jika sebelumnya cabai rawit naik dengan harga Rp60 ribu per kilogramnya, kini cabai jenis tersebut kembali naik tajam menjadi Rp85 per kilogramnya. 

Harga sejumlah komoditas cabai ini, terpantau naik di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Tuban, seperti Pasar Baru Tuban, Pasar Bangilan dan Pasar Jatirogo, Selasa (7/6/2022).

Dari informasi yang diterima blokTuban.com selain cabai rawit, harga komoditas jenis cabai lainnya juga mengalami kenaikan harga seperti cabai kriting yang semula Rp50 ribu kini naik menjadi Rp70 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai merah yang semula Rp55 ribu kini juga naik menjadi Rp60 ribu per kilogram. 

"Harga cabai naik lagi sekarang cabai rawit di pasar baru Rp85 ribu, cabai biasa Rp60 ribu, dan harga cabai kriting Rp70 ribu," terang Kafi, pengelola Pasar Baru Tuban kepada blokTuban.com. 

Menurutnya, penyebab dari kenaikan harga komoditas cabai disejumlah pasar di Kabupaten Tuban, dipicu karena hal yang serupa. Yaitu kurang maksimalnya hasil petani, sehingga mengakibatkan stok barang kosong dan membuat pedagang terpaksa menaikkan harga jualannya. 

"Di petani panennya kurang maksimal," imbuhnya.

Sementara itu, hal sama juga terjadi di Pasar tradisional Bangilan, saat ini harga cabai kriting juga naik menjadi Rp65 ribu sedangkan cabai rawit di angka Rp80 ribu per kilogram, dan harga serupa juga terjadi di Pasar Jatirogo.

Terpisah, salah seorang ibu rumah tangga, Kamsiatun mengatakan jika sudah memprediksi jika harga sejumlah jenis cabai akan terus mengalami kenaikan, sehingga sejak beberapa waktu yang lalu ia mengantisipasinya dengan menyetok persediaan cabai cukup banyak di rumahnya. 

"Sejak naik pertama kali itu saya sudah firasat kalau bakal naik terus, jadi saya stok persediaan cabai lumayan di rumah. Terus juga agak sedikit dikurangilah, karena daripada beli cabai mending buat beli beras aja kalau harga segitu," katanya. [Sav/Ali]