Isi Hari Buku Nasional di Tuban dengan Bazar, Pengunjung : Harganya Ramah di Kantong

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Perayaan Hari Buku Nasional 17 Mei dirayakan lebih lamban di Kabupaten Tuban. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuban sengaja mengisinya dengan bazar buku. 

Bazar yang dimulai sejak 5-20 Juni 2022 itu, dipusatkan di halaman kantor dinas setempat di Jalan Sunan Kalijaga Tuban. Penyelenggara menyediakan beragam jenis buku bacaan mulai pukul 09.00-21.00 Wib. 

Dalam pelaksanaannya, Dinas Perpustakaan bekerjasama dengan titik balik sebagai penyedia bukunya. Untuk meningkatkan minat beli pengunjung, dinas sengaja menyediakan buku murah mulai Rp5.000-10.000 per buku seperti buku bacaan anak, novel, sastra, sejarah, dan lain sebagainya. 

Remon (30) Project manager bazar buku kepada blokTuban.com mengatakan, untuk hari pertama kurang lebih terdapat 1.000 pengunjung yang datang. Berhubung di awal pembukaan adalah hari minggu kebanyakan yang datang dari masyarakat umum dan membeli bacaan keluarga seperti buku anak dan lain sebagainya.

"Kami menyediakan buku banyak kalu jumlah pastinya tidak bisa memastikan dan di sini terdapat 50 penerbit lebih dan ada berbagai jenis bacaan,” ucapnya. 

Salah satu tujuan diadakannya bazar buku ini, menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban, Nur Khamid mengatakan bahwa dengan adanya bazar buku dengan harga terjangkau dapat meningkatkan literasi masyarakat Tuban.

"Ini cara kami meningkatkan literasi masyarakat Tuban," kata mantan Kepala Dinas Pendidikan Tuban itu. 

Sementara itu, Innayah (20) salah satu pengunjung bazar buku menyambut baik dengan adanya bazar buku karena dirasa dapat menambah ilmu, literasi serta harganya yang terjangkau. 

"Datang ke sini karena harga bukunya tidak menguras kantong serta pilihannya banyak," tutupnya. [Nur/Ali]