Harga Daging Ayam Broiler di Tuban Naik, Pedagang: Stok dari Produsen Memang Kosong

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Beberapa pekan trakhir ini, harga sejumlah bahan pokok di Kabupaten Tuban mengalami kenaikan harga. Menyusul harga komoditas cabai dan tomat, kini harga daging ayam broiler juga mulai merangkak naik. 

Menurut salah seorang pedagang, Luluk saat ditemui di lapak jualannya di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban jika naiknya harga daging ayam broiler ini sudah terjadi sejak awal pekan lalu. 

“Iya daging ayam naik sudah beberapa hari ini, sekarang harganya Rp34 ribu satu kilogram. Kalau harga normalnya biasanya Rp30 ribu naiknya Rp4 ribuan,” jelasnya kepada blokTuban.com, Sabtu (4/6/2022). 

Naiknya harga komoditas daging ayam broiler ini, lanjutnya disinyalir lantaran stok ayam dari produsen yang kosong, sehingga menyebabkan pedagang memilih untuk menaikkan harga daging ayam di pasaran. 

Kendati demikian, Luluk mengaku jika naiknya harga daging ayam broiler jualanya tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam membeli komoditas daging tersebut. Meskipun masih banyak pembeli yang mengeluh. 

“Penyebabnya karena stok ayamnya kosong. Tidak berpengaruh dengan penjualan masih tetap lancar seperti biasanya alhamdulillah, karena walaupun harganya naik tapi masih bisa dijangkau beda dengan daging sapi,” tambahnya. 

Senada dengan Luluk, pengelola Pasar Baru Tuban, Afit juga mengatakan bahwa saat ini harga daging ayam di pasar tradisional tersebut naik menjadi Rp33 ribu per kilogram sedangkan untuk komoditas daging sapi saat ini mencapai Rp140 ribu per kilogram. 

“Untuk harga daging ayam sekarang Rp33 ribu dan daging sapinya Rp140 ribu satu kilogram nya,” katanya. 

Ditemui di tempat terpisah, Rasi seorang Ibu Rumah Tangga juga mengeluhkan harga komoditas bahan pangan yang belakangan ini mengalami kenaikan harga. Menurutnya, tingginya harga bahan pangan ini membuatnya mengurangi stok bahan pangan di rumahnya dan memilih untuk tidak membeli daging ayam untuk sementara waktu. 

“Kalau daging ayam memang kan bisa untuk tidak membeli dulu, tapi kalau untuk cabai dan tomat yang susah karena digunakan sehari-hari,” imbuhnya. [Sav/Dwi]