Antisipasi PMK, Ini yang Dilakukan Peternak Kambing di Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada hewan ternaknya, peternak kambing di Kabupaten Tuban mengambil langkah antissipasi secara mandiri. 

Kendati hingga saat ini masih belum ada binatang kambing yang terserang penyakit ini, namun, peternak menilai jika ada baiknya tetap melakukan pencegahan guna mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan.  

Salah seorang peternak sekaligus pedagang kambing di Pasar Bongkaran, Muis mengatakan jika ada beberapa hal yang dilakukan oleh peternak kambing untuk mengantisipasi PMK, salah satunya dengan memberikan suplemen atau obat kepada binatang. 

“Pencegahanya ya diberi obat, dari dulu sebelum ada PMK sebenarnya juga sudah diobati. Karena kalau kadang nafsu makannya kurang itu pasti diobati, biasanya gitu kalau untuk penggemukan dikasih obat, jadi hari-hari biasa juga pasti dikasih obat,” terangnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lokasi pada Kamis (2/6/2022).

Selain pemberian suplemen secara rutin, antisipasi lain yang dilakukan oleh para peternak kambing ialah lebih menjaga kebersihan kandang dan juga diri, agar virus PMK tidak menjangkit hewan, sebab manusia merupakan salah satu mediator bagi virus untuk bermutasi. 

“Menjaga kebersihan itu harus, setiap hari dibersihkan. Sebelumnya, juga sudah dilakukan seperti itu jadi kalau penyakit kayaknya sejauh ini nggak berdampak sama hewan kambing,” katanya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan DKPPP Tuban, Pipin Diah Larasati terus mengimbau kepada masyarakat untuk rajin membersihkan dan menjaga kandang agar tetap steril, dengan cara menyemprot disinfektan dan mengenakan APD apabila merawat hewan ternak yang sakit. 

Diketahui sebelumnya, data yang diperoleh blokTuban.com pada (31/5/2022) kemarin kasus temuan PMK pada hewan ternak sapi di Kabupaten Tuban naik menjadi 684 kasus dengan jumlah kematian 6 ekor, sehingga Pemerintah Kabupaten Tuban memutuskan untuk menutup 3 pasar hewan sekaligus, yaitu pasar hewan Jatirogo, Kerek dan juga Tuban. [Sav/Dwi]