Mudah Dibuat, Coklat Karakter Sederhana Cocok Untuk Ide Usaha

Repoter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Siapa sih yang nggak kenal dengan coklat, kudapan manis yang banyak digemari oleh masyarakat dari semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Bagaimana tidak, rasanya yang legit dan lembut membuat orang susah untuk menolak dan berhenti menikmatinya. 

Apalagi saat menemukan coklat dalam berbagai olahan, seperti kue ataupun cookies. Bahkan, tak jarang, saat ini masyarakat yang mengkreasikan coklat dengan berbagai bentuk dan karakter untuk membuatnya semakin menarik lagi. 

Ternyata, untuk membuat coklat karakter sendiri cukup mudah dan dapat melatih kreativitas dalam memasak yang cocok sebagai ide membuka usaha. 

Menurut Vivin Retno Marlinda, salah seorang pengusaha coklat karakter di Kabupaten Tuban, mengungkapkan yang perlu dilakukan untuk membuat coklat karakter pertama kali ialah melelehkan batang coklat untuk dibentuk sesuai keinginan. 

“Pertama dari coklat batang dilelehkan, kemudian dicetak sesuai dengan karakter yang diinginkan,” Beber Ownner Viel De Choco tersebut kepada blokTuban.com, Selasa (1/6/2022). 

Adapun proses pencetakan satu coklat karakter, lanjut Vivin membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 menit, untuk bisa meneruskan ke tahap selanjutnya, yaitu proses pembekuan coklat. 

Dalam fase ini, perempuan 33 tahun ini mengatakan jika coklat yang telah di bentuk  kemudian dimasukkan ke dalam frezeer kurang lebih selama 7 menit hingga coklat menjadi padat. 

“Setelah itu dimasukkan ke frezzer kurang lebih tujuh menitan, setelah coklat padat dan set barulah coklat dikeluarkan dari cetakan,” paparnya. 

Tidak hanya sampai disitu saja, kendati tergolong mudah namun juga harus melalui proses yang sedikit panjang. Pasalnya, setelah coklat tersebut telah dikeluarkan dari cetakan, perempuan yang tinggal di Jalan Basuki Rahmad ini menambahkan, jika coklat harus disimpan terlebih dahulu di box sampai dalam keadaan yang benar-benar kering dan tidak berembun dan hal itu memerlukan waktu sekitar dua harian. 

Selanjutnya, barulah bisa dilakukan proses wrapping dan siap untuk dijual atau diantarkan kepada customer yang telah memesannya. 

“Kalau proses cetaknya satu karakter sekitar 10 menitan, nunggu kira-kira dua hari atau lebih tergantung cuaca, baru bisa di wrapping. Untuk ketahanannya bisa 1 sampai 3 bulan di suhu ruang,” imbuhnya. [Sav/Dwi]