593 CJH Latihan Manasik Haji di Lapangan Perumdin SIG Ghopo Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Ghopo Tuban yang bekerjasama dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban kembali menyelenggarakan pemantapan bimbingan manasik haji setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

Pada tahun 2022 ini pemantapan bimbingan manasik haji ibadah haji tersebut diikuti sebanyak 593 calon jamaah haji asal Kabupaten Tuban. Adapun pelaksanaannya bertempat di Graha Sandiya, KomplekPerumdin SG, Desa Sumurgung Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban selama dua hari 25-26 Mei 2022.

Hari pertama calon jamaah haji akan mendapatkan teori atau tatacara ibadah haji mulai dari pemberangakatan hingga nanti pada saat pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci Makkah. Dan pada hari kedua para calon jamaah haji akan dibimbing dalam melaksanakan praktek ibadah haji, mulai tata caranya memakai pakaian ihram, niat ihram, wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina, melempar jumroh, thawaf di Ka’bah, sa’i, dan tahallul.

“Selama dua tahun, yakni tahun 2020 dan 2021 ibadah haji ditiadakan karena adanya pandemi Covid-19 yang mewabah hampir terjadi di seluruh dunia. Alhamdulillah pada tahun ini rukun islam ke lima tersebut dapat dilaksanakan kembali dan perusahaan siap berkontribusi lagi dalam mendukung Pemerintahan Kabupaten Tuban untuk pelaksanaan bimbingan manasik haji di Tuban," ungkap Senior Manager Of Corporate Communication SIG Pabrik Tuban, Setiawan Prasetyo pada sambutannya.

Baca berita terkait : Dapat Tambahan 28 CJH, Segini Jumlah CJH Tuban yang Bakal Berangkat

Di kesempatan tersebut Setiawan juga mengajak seluruh calon jamaah haji asal Kabupaten Tuban untuk berdoa agar diberikan kelancaran selama melaksanakan ibadah haji mulai dari Tanah Air Indonesia selama di Tanah Suci Makkah hingga kembali lagi ke Tanah air lagi dan menjadi haji yang mabrur.

Menurutnya, penyelenggaraan kegiatan ini merupakan salah satu upaya SIG dalam mewujudkan keperdulian dan pemberdayaan untuk masyarakat di Kabupaten Tuban, khususnya di wilayah sekitar perusahaan.

“Semoga apa yang telah diberikan oleh perusahaan ini dapat mendukung kelancaraan dalam menjalankan ibadah haji di tanah suci nanti,” harapnya.

Setiawan juga memohon kepada seluruh calon jamaah haji saat di Tanah Suci nanti untuk turut mendoakan perusahaan agar semakin eksis dan diberikan kelancaran dalam operasionalnya, sehingga perusahaan dapat memberikan nilai manfaat yang lebih baik lagi bagi masyarakat sekitarnya.

“Kami mohon para calon jamaah haji dapat turut mendoakan Semen Indonesia agar tetap unggul menghadapi segala tantangan di era industri persemenan yang semakin kompetitif ini, agar dapat meningkatkan kontribusi kepada masyarakat sekitarnya” ujar Setiawan.

Baca berita sebelumnya : Tahun 2022, Pemerintah Targetkan 1 Kematian per 1000 Jemaah Haji

Pada kesempatan yang sama Kepala Kemenag Kabupaten Tuban, Ahmad Munir mengucapkan terimakasih kepada Semen Indonesia yang telah menyediakan berbagai fasilitas untuk kelancaran manasik haji. Sehingga, para calon jamaah haji dapat melakukan bimbingan manasik haji dengan baik.

“Saya juga berpesan kepada seluruh jamaah untuk mendoakan Semen Indonesia agar dapat terus beroperasi dengan baik, dan seluruh karyawannya dapat menunaikan ibadah haji,” pungkusnya. [Ali]