Razia Narkoba Dadakan, Petugas Malah Temukan Obeng hingga Baterai Milik Napi Lapas Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Razia di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban Kanwil Kemenkumham Jawa Timur selalu digelar secara mendadak. Kali ini, sidak datang dari Tim Satops Patnal Divisi Pas Kanwil Jawa Timur untuk melaksanakan tes urine dan sidak operasi penggledahan blok hunian, Senin (23/5) malam.

Alih-alih ingin merazia Narkoba, petugas malah menemukan sejumlah barang dari kamar Napi yang akhirnya disita. Barang tersebut yakni, kartu remi 2 pak, alat cukur 2 buah, pinset 3 buah, obeng kecil 3 buah, dan sendok logam 7 buah.

Benda lainnya yang ditemukan saat penggeledahan yaitu, gunting 1 buah, alat potong kuku 1 buah, staples mini 1 buah, jam tangan 8 buah, kalkulator 2 buah, korek api 2 buah, penggaris logam 1 buah dan baterai 3 buah. 

Baca berita terkait : Bukan Narkoba, BNNK Temukan Benda Ini di Blok Lapas Tuban

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (Ka. KPLP) Taufan mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya komitmen bersama untuk memberantas Narkoba di dalam Lapas dalam melaksanakan Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). 

Sekaligus deteksi dini terhadap gangguan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Lapas kelas IIB Tuban. Pada kesempatan ini, tes urine dilakukan terhadap petugas Lapas Tuban dan WBP. 

“Tes urin merupakan salah satu kegiatan rutin sebagai komitmen bersama untuk memerangi narkoba,” tutur Taufan kepada blokTuban.com, Selasa (24/5/2022).

Dia menambahkan, Kegiatan ini berjalan lancar dan aman. Para petugas Lapas Tuban dan WBP mengikuti tes urine dengan penuh antusias. Hasilnya, setelah dilakukan tes urine, tidak terdapat baik petugas Lapas Tuban maupun WBP yang mengkonsumsi narkoba. 

"Barang yang disita kemudian didata dan kegiatan selesai pada pukul 23.00 WIB," tutupnya. [Ali]