Jokowi Longgarkan Prokes, Penjual Masker di Tuban Masih Bertahan

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com –  Presiden Jokowi secara resmi telah memberikan pelonggaran bagi masyarakat perihal penggunaan masker di luar ruangan. Kendati demikian penjual masker di seputaran Kabupaten Tuban masih banyak bertebaran di pinggir jalan.

Salah satunya Riris (30) penjual masker di Jalan Sunan Kalijaga Tuban yang mengaku telah berjualan mulai bulan Agustus 2021 sampai saat ini. Menurutnya masih banyak masyarakat yang membeli masker. 

Beberapa pelanggan yang membeli dagangannya mengaku merasa kurang lengkap kalau tidak memakai masker

“Alhamdulillah masih ada yang beli walaupun agak menurun tapi tidak turun drastis,” ucapnya kepada blokTuban.com, Minggu (22/05/2022).

Berjualan mulai pukul 13:00 WIB sampai 17:30 WIB, Riris bisa menghabiskan 30 kotak dan yang paling dicari biasanya masker jenis Ducbil. 

Dengan adanya pelonggaran ini harga masker juga mulai turun. Masker yang dijual Riris berkisar Rp12.000 sampai Rp35.000.

Salah satu pembeli masker yang berhasil blokTuban.com wawancarai, Upit Samarina (35) mengatakan walaupun ada aturan pelonggaran penggunaan maskaer masih harus waspada.

"Tetap harus diliat kondisinya, jika di lokasi ramai ya harus tetap pakai masker selain itu saya masih perlu menggunakan masker agar lebih aman,” ucapnya.[Nur/Dwi]