Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Sejumlah 134 anak mengikuti kegiatan khitan masal yang diselenggarakan dalam rangka haul Syekh Ibrahim Asmoroqondi. Acara tahunan tersebut dilaksanakan di depan halaman Masjid Asmoroqondi Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu, (21/5/2022).

Khitan gratis ini dilaksanakan sejak mulai pukul 07.00 wib. Diawali dengan kegiatan selametan, setelah itu dilanjut dengan ziarah bersama ke Syekh Asmoroqodi. Khitan tersebut berlangsung cukup cepat, tak sampai 2 jam 134 anak selesai di khitan.

“Khitan ini diikuti oleh masyarakat umum tak Cuma dari Palang sendiri bahkan ada yang dari luar Palang,” ucap Sukardi(50) Ketua Panitia Haul kepada blokTuban.com, Sabtu (21/05/2022).

Sukardi menambahkan, bahwa untuk anak anak yang mengikuti kegiatan Khitan mendapatkan bingkisan berupa sarung, kopyah, sabuk sandal dan juga uang saku. Dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 72 anak, tahun ini jumlah pesertanya lebih banyak. 

Sekedar diketahui, khitan massal merupakan salah satu rangkaian Haul Agung mbah Asmoroqondi 1443 M/2022 H. Acara haul digelar sejak 17 sampai 29 Mei 2022 dengan beberapa acara seperti, Festival Albanjari, pawai taaruf, pengajian umum dengan pembicara KH. Agus Ali Masyhuri Sidoarjo, dan KH. Ahmad Muwafiq dari Yogyakarta. 

Baca berita terkait : Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Syekh Makam Syekh Asmoroqondi

Dikutip oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: TUBAN BUMI WALI: The spirit of harmoni, Tuban: Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban, 2013, hlm.183 – 191, bahwa menurut cerita tutur yang berkembang di masyarakat, Syekh Ibrahim Asmoroqondi dikisahkan tidak lama berdakwah di Gesik. 

Sebelum tujuannya ke ibukota Majapahit terwujud, Syekh Ibrahim Asmoroqondi dikabarkan meninggal dunia. Beliau dimakamkan di Gesik tak jauh dari pantai. Karena dianggap penyebar Islam pertama di Gesik dan juga ayah dari tokoh Sunan Ampel, makam Syekh Ibrahim Asmoroqondi dikeramatkan masyarakat dan dikenal dengan sebutan makam Sunan Gagesik atau Sunan Gesik. [Nur/Ali]