Tak Layak untuk Ibadah dan Mengaji, Musala Al Ikhlas Desa Kaligede Akhirnya Direhab Satgas TMMD

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Musala Al Ikhlas yang terletak di Desa Kaligede, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban mulai direhab oleh Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Kodim 0811 Tuban. Pembongkaran tempat ibadah tersebut dilakukan secara keseluruhan, karena kondisinya yang sudah tidak layak, Senin (16/5/2022). 

Musala tersebut berukuran 9x7 meter dengan beralaskan dan berdinding kayu. Lamanya usia musala menyebabkan seluruh bagian tempat ibadah aus dimakan waktu. Oleh karena itu, musala di Desa Kaligede masuk dalam program prioritas prajurit Kodim 0811 melalui program TMMD ke-113. 

Musala Al-Ikhlas merupakan salah satu sasaran fisik program TMMD ke-113. Perehaban musala dilakukan secara total, mulai dari dindingnya serta lantainya yang nantinya di ganti keramik di karenakan mushola tersebut tergolong bangunan yang sudah lama keadaannya sudah kurang layak untuk digunakan ibadah.

"Hari ini mulai kita bongkar dan nantinya kita bangun lagi beserta tempat wudhunya. Mulai dari lantainya sama dindingnya yang semula dari kayu kita ganti tembok serta lantainya kita ganti keramik," ujar Pasiter Kodim 0811 Tuban Kapten Khairil Anwar.

Kapten Khairil menambahkan, program TMMD ke-113 selain merehab musala juga membangun Jalan desa, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), MCK, Pemasangan gorong - gorong, Pembuatan tanggul penahan tanah. 

Perehaban musala di Desa Kaligede disambut baik oleh tokoh agama setempat. Ahmad Jafar mewakili warga setempat mengaku sangat senang dengan pelaksanaan kegiatan TMMD ke 113 yang dilaksanakan Kodim 0811 Tuban. 

"Kami ucapkan terima kasih karena sarana tempat ibadah dan mengaji anak - anak saat ini sudah mulai di benahi oleh bapak-bapak TNI," sambungnya.

Sementara Dansatgas TMMD ke 113 Kodim 0811 Tuban, Letkol Inf Suhada Erwin juga berharap, seluruh personil yang tergabung dalam Satgas TMMD harus saling bergotong-royong bersama masyarakat sehingga dalam pelaksanaan mulai awal di bukanya Program TMMD hingga akhir penutup nantinya sesuai yang kita harapkan bersama. 

"Program ini semoga bermanfaat untuk kepentingan masyarakat luas," tutupnya. [Ali]