Proyek Tol Demak-Tuban Diprediksi Lewati Masjid Desa Bektiharjo

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Konsultan proyek tol Demak-Tuban turun langsung melihat lokasi lahan yang bakal dilalui proyek di 35 desa di Kabupaten Tuban. Dari puluhan titik desa itu, sempat muncul masalah di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Sabtu (14/5/2022). 

Masalah tersebut diungkap oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Tuban, Bambang Irawan kepada media. Sedikit masalah tersebut langsung ditindaklanjuti dengan sigap, kemudian dilaporkan ke Kementrian PUPR. 

"Data dari konsultan ada yang melewati masjid, namun masalah tersebut sudah ditindaklanjuti untuk dilaporkan kepada Kementerian PUPR," ujar Bambang.

Bambang menambahkan, konsultan perencana dan studi kelayakan sampai sekarang masih melakukan pendataan di lapangan. Selain mencatat kelayakan lingkungan, tim juga melihat studi Amdalnya untuk disosialisasikan di tahap berikutnya. 

"Soal masalah di Desa Bektiharjo, nantinya pada sidang amdalnya juga akan kami sampaikan jika bermasalah di lapangan, masyarakat nanti juga akan jadi pesertanya. Update pembebasan lahannya kapan, nunggu tahapan selanjutnya," imbuhnya. 

Baca berita terkait : Ini 35 Desa di Tuban yang Bakal Dilewati Proyek Tol Demak-Tuban

Selain itu, DLHP juga telah mengomunikasikan dengan konsultan terkait rencana exit tol dan rest areanya, sebab ada rencana perubahan. Semula exit tol yang rencananya ada di Kecamatan Kerek digeser.

"Permintaan kami dua exit tol itu bisa dibangun mendekati kawasan industri di Tuban. Harapan kami wilayah kota tidak ribet," katanya. 

Pemkab Tuban berpesan kepada masyarakat pemilik lahan yang dilewati tol untuk tidak panik. Dimungkinkan proyek masih dapat berubah, ketika dianggap sangat rawan dan berisiko akan digeser.

Untuk diketahui, konsultasi publik proyek tol Demak-Tuban sebelumnya digelar di gedung KSPKP Tuban, Rabu (16/2) lalu. Ada sembilan desa di Kecamatan Bancar bakal dilalui proyek tol. Di Kecamatan Kerek ada sembilan desa, tujuh desa di Kecamatan Merakurak, enam desa di Kecamatan Semanding, dan empat desa di Kecamatan Tambakboyo. [Ali]