Jangan Takut Cepat Pudar, Begini Cara Mencuci Pakaian Hitam Agar Tetap Pekat dan Terlihat Baru

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com – Pada umumnya pakaian berwarna hitam paling banyak diminati oleh masyarakat. Selain dapat meningkatakan tingkat kepercayaan diri karena terlihat lebih kurus, pakaian hitam juga mudah dipadupadankan dan membuat penampilan terlihat lebih elegant.

Namun, sayangnya pakaian bewarna hitam terkadang cepat pudar dan menjadi kumal jika tidak memahami cara merawat dan mencuci pakaian dengan benar. Oleh karena itu, bagi kalian pecinta pakaian bewarna hitam perlu mengetahui cara mencuci yang baik agar warna pakaian terlihat tetap pekat.    

Salah seorang Ibu Rumah Tangga yang juga menyukai pakaian bewarna hitam, Wiwik perempuan asal Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban mengatakan agar warna pakaian tetap awet maka harus mencuci pakaian sesuai dengan kebutuhan.

“Pokoknya jangan sering-sering mencuci pakaian karena bisa membuat pakaian cepat rusak, apalagi bajunya warna hitam itu juga bisa buat warnanya memudar,” terangnya kepada blokTuban.com, Sabtu (14/5/2022).

Selain itu, lanjutnya ketika menjemur pakaian maka sebaiknya membalik pakaian tersebut terlebih dahulu. Dengan tujuan untuk mengurangi pengikisan pada permukaan luar pakaian, sehingga serat luar pada pakaian tidak mudah rusak karena terkena gesekan.

“Ini sebenarnya berlaku bukan untuk pakaian warna hitam saja, tapi semua warna pakaian agar warnanya lebih awet, karena kalau dibalik lebih dahulu warna luar pakaian akan aman,” katanya.

Tidak hanya itu saja, dalam mencuci pakaian berwarna hitam maka ia menyarankan untuk memisahkannya dengan pakaian bewarna lain. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada warna pakaian lain yang terserap pada pakaian hitam tersebut.

Selanjutnya, perempuan ini juga menyarankan untuk menambah segelas cuka pada proses pembilasan pakaian. Sebab, cuka sendiri mampu menjaga warna pakaian dengan menghilangkan sisa sabun dan detergen yang seringkali membuat pakaian berwarna hitam menjadi pudar setelah dicuci.

“Trik pemberian cuka ini sering saya lakukan, dulu saya tahu trik ini setelah melihat tutorial di youtube, karena dulu saya juga mencari cara bagaimana pakaian hitam itu nggak cepat pudar dan nemu cara ini karena saya sendiri pecinta pakaian gelap,” bebernya.

Lebih lanjut, ia juga menyarankan agar tidak menjemur pakaian hitam di bawah terik sinar matahari secara langsung karena membuat warna pakaian lebih cepat pudar, apalagi jika dijemur dalam kurun waktu yang lumayan lama. [Sav/Ali]