Wujud Sinergi Membangun Negeri, TMMD Ke-113 di Kabupaten Tuban Resmi Dibuka

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 tahun 2022 di Kabupaten Tuban resmi dibuka, Rabu (11/5/2022) di Pendapa Kridha Manunggal yang berada di Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.  

Kegiatan yang mengangkat tema  “TTMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” sendiri merupakan keterpaduan antara TNI bersama dengan pemerintah daerah sebagai wujud percepatan pembangunan di daerah pedesaan, serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tuban. 

Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Suhada Erwin mengatakan jika TMMD ini akan terdiri dari dua kegiatan yaitu kegiatan fisik dan non fisik. Adapun kegiatan fisik yang dimaksud ialah pembangunan jalan di Desa Kaligede, Kecamatan Senori sepanjang 1.151 meter, memasang gorong-gorong dan Tanggul Panahan Tanah (TPT). 

“Ada juga kegiatan-kegiatan non fisik yaitu kegitan penyuluhan yang dilaksanakan oleh Kodim dan didukung penuh oleh OPD yang ada di Pemda Kabupaten Tuban dan juga dibantu oleh Kapolres dalam rangka sosialisasi masalah penegakan hukum, juga kegiatan-kegiatan seperti vaksinasi, pengobatan masal dan sejenisnya,” terangnya Letkol Inf Suhada Erwin kepada awak media, Rabu (11/5/2022). 

Dengan adanya berbagai rangkaian kegiatan TMMD ini, lanjutnya ia berharap dapat meningkatkan taraf perekonomian dari masyarakat yang ada di Kecamatan Senori, khususnya Desa Kaligede dalam hal pengentasan kemiskinan, pengentasan stunting, dan memastikan bahwa masyarakat memiliki pengetahuan lebih terkait masalah yang berkaitan terhadap hukum dan perundang-undangan yang ada di Negara Republik Indonesia. 

Sementara itu Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzki dalam sambutannya mengatakan jika kegiatan pembangunan jalan di Kecamatan Senori tersebut merupakan bentuk konkrit dari Kodim 0811/Tuban. Untuk itu, Mas Lindra sapaan akrabnya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Kodim 0811/Tuban dalam TMMD ke-113 ini.  

“Insyaallah rencana di tahun 2023 atau 2022 ini, kami ingin membuat trobosan baru dengan cara membuka infrastruktur jalan yang baru untuk menghubungkan antar desa,” tutur Mas Lindra. 

Adanya perbaikan-perbaikan jalan tersebut,  Mas Lindra menilai dapat menjadikan kebutuhan-kebutuhan dasar dari masyarakat di Kabupaten Tuban bisa teratasi, karena kegiatan kodim 0811/Tuban tersebut sejalan dengan visi dari Pemerintah Kabupaten yaitu “mbangun deso noto kuto.” [Sav/Ali]