4000 Orang Tonton Film KKN di Desa Penari, Bioskop NSC Tuban Dijaga Polisi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Film KKN di Desa Penari garapan MD Pictures yang tayang perdana 30 April 2022 hingga sekarang telah ditonton 4000 warga di Kabupaten Tuban. Membludaknya penonton film yang tertunda tayang selama dua tahun itu, membuat bioskop NSC Tuban dijaga polisi, Minggu (8/5/2022). 

KKN di Desa Penari viral setelah adanya thread horor yang diposting oleh pengguna Twitter bernama SimpleMan (@SimpleM81378523). Dalam thread tersebut mengisahkan sekelompok mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa terpencil di Jawa Timur.

Thread tersebut mengambil dua sudut pandang mahasiswa yang bernama Nur dan Widya. Kisah ini konon katanya diangkat dari kisah nyata.

Manajer NSC Tuban, Riza Yanuar kepada blokTuban.com menjelaskan, pihaknya mengaku telah memprediksi bahwa anemo warga Kabupaten Tuban dan sekitarnya akan tinggi untuk menonton film horor tersebut. Kendati demikian, membludaknya penonton di luar prakiraan bahkan terpantau mengantre sebelum bioskop NSC dibuka. 

"Kami telah prediksi akan banyak yang menonton karena filmnya telah ditunggu dua tahun, tapi tidak sebanyak ini," ujar Riza. 

Dalam sehari, lanjut Riza ada 800 orang yang membeli tiket film KKN di Desa Penari. Sejak awal tayang hingga sekarang, NSC telah memutarnya sebanyak lima kali sehingga total penonton 4000 orang. 

Selaku manajemen Bioskop NSC Tuban, sejak awal telah berusaha menjaga penerapan Prokes selama pandemi hingga libur Lebaran 2022. Setiap ada penonton pihaknya telah mewajibkan memakai masker, jaga jarak, dan menscan aplikasi PeduliLindungi sebagaimana intruksi Pemerintah. 

Untuk menjaga kondisi tetap stabil, akhirnya manajemen NSC bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk penjagaan mengantisipasi terjadinya kericuhan. Soal Prokes, NSC menegaskan bahwa telah dihimbau kepada semua penonton untuk memakai masker dan scan aplikasi PeduliLindungi. 

"Bila ada yang terlewat, tentunya itu di luar kekuatan kami yang telah berusaha seoptimal menerapkan aturan dari Pemerintah," jelasnya. 

Dibandingkan dengan bulan April/puasa sebelumnya, jumlah penonton Bioskop hanya 20 orang perhari. Membludaknya penonton Film KKN di Desa Penari, tak lain karena penggemar film telah menunggunya selama dua tahun karena kepending. 

Mengutip dari Suara, Film KKN di Desa Penari mengisahkan kejadian mistis yang menimpa enam mahasiswa KKN yang bernama Nur (Tissa Biani), Widya (Adinda Thomas), Ayu (Aghniny Haque), Bima (Achmad Megantara), Anton (Calvin Jeremy), dan Wahyu (Fajar Nugraha).

Mereka bertemu dengan kepala desa yang bernama Pak Prabu (Kiki Narendra). Pak Prabu mengingatkan untuk mematuhi seluruh aturan dan menghindari tempat terlarang di desa itu. Hari-hari yang awalnya normal berubah menjadi mencekam setelah Nur dan Widya diganggu oleh seorang penari.

Bima juga mulai berubah sikapnya dan membuat program KKN menjadi berantakan. Nur juga menemukan bahwa ada salah satu dari mereka yang melanggar aturan di desa itu. Mereka meminta tolong kepada Mbah Buyut (Diding Boneng) yang juga merupakan dukun setempat untuk mengatasi permasalahan mereka. [Ali]