Jalur Pantura Socorejo Dipadati 500 Peserta Takbir Keliling

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Suasana malam takbir Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 Masehi di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban berbeda dari dua tahun sebelumnya yang sepi. Malam ini Minggu (1/5/2022), Jalur Pantura Tuban itu dipadati 500-an peserta takbir keliling. 

Ratusan peserta mulai kalangan anak-anak hingga orang dewasa dengan semangat melantunkan takbir menyambut hari kemenangan. Takbir keliling pertama setelah pandemi ini diikuti Peserta dari TPQ Islamadina, Arrahman, Mambaul Ilmi, dan Agung Al-Islam serta Musala Al-Ikhlas. . 

Adapun rute takbir keliling di desa pesisir Tuban itu, dimulai dari Desa Socorejo kemudian menuju Desa Glondoggede, Kecamatan Tambakboyo lalu putar balik. 

Nampak dalam acara yang meriah itu, Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim, Sekretaris Desa Wintayah, beserta perangkat desa, Polsek Jenu, Satpol PP kecamatan dan unsur lainnya. Mereka kompak untuk menjadikan desanya maju, bangkit, dan sejahtera. 

"Alhamdulillah ada sekitar 500-an peserta takbir. Mereka bersemangat untuk menyambut Idul Fitri," ujar Kades Socorejo kepada blokTuban.com. 

Kang Arief melanjutkan, bahwa takbir keliling tahun ini menjadi obat bagi warganya setelah dua tahun harus menahan diri untuk ikut serta mendukung Pemerintah melawan Corona. Sebagai bentuk kegembiraan, takbir keliling juga dilengkapi dengan sound sistem yang diangkut kendaraan R4. 

Untuk memberi rasa aman kepada peserta yang didominasi santri dan santriwati itu, Kades Socorejo memimpin langsung pengamanan bersama anggota Banser Socorejo. 

"Ikut memeriahkan tongklek panji nada dan drum band SMP ISJU," katanya.

Kades Socorejo juga berpesan kepada warganya untuk terus bahagia, supaya daya imunnya kuat sehingga tidak mudah terpapar virus. Di momen Idul Fitri, ia mengajak seluruh warganya untuk bersatu untuk melanjutkan pembangunan yang baik di wilayahnya. [Ali]