Resahkan Masyarakat, Damkar Tuban Evakuasi Sarang Lebah di 4 Titik

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Sarang lebah jenis Vespa Affinis (Tawon Ndas) berukuran besar yang berada di empat titik di Kabupaten Tuban yaitu Kecamatan Tuban, Kecamatan Tambakboyo, Kecamatan Semanding dan juga Kecamatan Palang dievakuasi oleh Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tuban. 

Adanya evakuasi sarang lebah tersebut dilakukan oleh petugas setelah adanya laporan dari masyarakat. Dalam laporan tersebut, masyarakat merasa resah dengan keberadaan sarang lebah di atap rumah dan pohon mangga milik warga, sehingga meminta bantuan tim Satpol PP dan Damkar untuk mengevakuasinya. 

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Damkar Kabupaten Tuban, Sutaji jika setelah mendapatkan laporan tersebut, pihaknya langsung menuju ke empat titik kejadian untuk melakukan evakuasi. 

“Menerima laporan tersebut sesuai petunjuk pimpinan, setelah berbuka puasa tim segera meluncur keempat lokasi yang dilaporkan oleh masyarakat,” terang mantan Camat Bancar itu Kepada blokTuban.com, Sabtu (30/4/2022). 

Setelah beberapa jam berlangsung, akhirnya petugas berhasil mengevakuasi sarang lebah dengan cara membakarnya menggunakan gas LPG. 

Kendati sempat mengalami sedikit kesulitan dalam mengevakuasi sarang tawon yang berada di atas pohon mangga, akan tetapi petugas berhasil mengatasinya sehingga evakuasi berjalan dengan lancar dan aman. 

“Sebelum meninggalkan lokasi, tim memastikan bahwa lokasi kediaman warga pelapor sudah aman dari gangguan tawon,” katanya. [Sav/Ali]