Bagi Takjil di Bancar Dihibur Kesenian Tradisional Barongan

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com – Pembagian takjil dan nasi kotak di depan Makoramil Jl. Raya Bulu - Jatirogo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Jum’at (29/4) nampak berbeda dari biasanya. Tak hanya menerima takjil, warga yang datang juga mendapat hiburan kesenian tradisional barongan secara gratis. 

Pembagian takjil kali ini, dilakukan oleh anggota Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Ranting 13 bersama Anggota TNI dari Koramil 0811/12. Pasca pandemi Covid-19 yang mana membuat perekonomian warga terpuruk, sehingga Organisasi Massa (Ormas) di Kecamatan Bancar pun belum juga surut dalam hal peduli dengan sesama disaat bulan suci Ramadan 1443 H. 

Selama bulan suci Ramadan tahun 2022, wilayah Kecamatan Bancar banyak dibanjiri Takjil untuk berbuka puasa. Sebab, hampir setiap harinya para Ormas di seluruh wilayah Bancar berlomba-lomba untuk mencari keberkahan, yakni dengan membagikan takjil kepada warga masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Takjil kali ini dibagikan dengan jumlah sebanyak 200 bungkus dan 100 box nasi kotak dengan menu bervariasi, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian anak-anak Pramuka SWK Ramil 12 kepada warga masyarakat, agar di bulan Ramadhan bisa sama-sama ikut merasakan berkahnya Ramadan.

“Kami merasa bersyukur sekali bisa berbagi kepada warga masyarakat di Kecamatan Bancar walaupun dengan menu alakadarnya, di tengah masa pandemi ini tidak mengurangi semangat kami untuk peduli dengan sesama, serta tetap dengan menghimbau untuk mematuhi Protokol Kesehatan (Protkes),” ujar Pembina Saka Wira Kartika Kak MD. Bagus Raka kepada blokTuban.com, Sabtu (30/4/2022).

Bagus Raka melanjutkan, pihaknya juga merasa bersyukur dan bangga kepada anak didiknya yang dengan sukarela untuk peduli dengan sesama. Walaupun di masa pasca pandemi Covid-19 semangatnya untuk berbagi tidak pernah luntur. 

"Kegiatan sosial ini akan terus terkontrol dan terkoordinir, sehingga Protkes selalu diutamakan,” sambung Serma Pratondo saat mengawal kegiatan tersebut.

Pratondo berharap, semoga dengan niat baik dari masyarakat di bulan Ramadan ini mendapat keberkah tersendiri dari Allah SWT. Sekaligus wabah virus Covid-19 di bulan suci ini tidak menunjukkan keganasannya dan dapat musnah dari muka bumi ini. [Ali]