Jelang Lebaran 2022, Forkopimca Plumpang dan Desa Bersihkan Makam Krapyak

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Menjelang Lebaran Idul Fitri 1443 H tahun 2022, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Plumpang bersama Pemerintah desa dan warga membersihkan makam Krapyak, Jumat (29/4/2022). 

Aksi Jumat pagi tersebut, bertujuan terjalin hubungan yang harmonis di wilayah Kecamatan Plumpang. Selain itu, supaya makam Krapyak semakin bersih dan nyaman ketika peziarah datang untuk mengirimkan doa kepada leluhurnya. 

Sebagaimana tradisi warga Desa Plumpang, setelah melaksanakan ibadah Solat Id maka akan berziarah ke makam. Ketika kondisi makam Krapyak bersih maka kegiatan kirim doa dapat berjalan lancar dan khusuk. 

Tumito (50), Kepala Desa/Kecamatan Plumpang mengatakan, biasanya peningkatan peziarah akan terjadi pada H-1 hari raya Idul Fitri. Mereka yang datang dari luar desa biasanya datang pagi, sore, hingga malam hari. 

"Kegiatan juga untuk mengantisipasi kejadian seperti di awal Ramadan yaitu pembobolan kotak amal makam," ujar Tumito kepada blokTuban.com disela bersih makam. 

Tumito melanjutkan, kedepannya pengurus makam akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang kegunaan uang hasil infaq, serta memperketat dan mengontrol uang yang masuk ke kotak infaq makam.

Selain fokus di makam, kegiatan rutin Jumat pagi juga menyasar lokasi lain yang dianggap perlu dibersihkan atau ditata supaya Kecamatan Plumpang nampak asri. [Nur/Ali]