Berkunjung ke Tuban, Irwasum Polri Cek Pos Layanan Mudik dan Titik Kemacetan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sehari setelah Korlantas Polri, giliran Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Pol Agung Budi Maryoto, bersama, Kakorbinmas Irjen Pol Suwondo Nainggolan, mengunjungi pos mudik di Rest Area Tuban, Jumat (29/4/2022).

Selain mengecek kesiapan pos layanan mudik, jenderal Polri tersebut juga memantau sejumlah titik rawan kemacetan di keselamatan di Tuban. Turut hadir dalam kunjungan tersebut adalah Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, bersama Forkopimda Tuban.

Komjen Pol Agung Budi Maryoto berpesan kepada para pemudik yang mengalami kelelahan bisa beristirahat di pos mudik Rest Area. Hal terpenting adalah keselamatan dalam berkendara hingga sampai tujuan yaitu kampung halaman. 

"Masyarakat yang mudik tapi belum vaksin, bisa ikut vaksinasi di pos pelayanan dan juga di tempat wisata yang tersedia secara gratis," ujarnya. 

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tuban, capaian vaksinasi di Tuban untuk boster sekitar 15 persen, dosis dua 80 persen dan dosis satu lebih dari 92 persen.

Di akhir kunjungannya di Rest Area, Irwasum Polri dan Forkopimda Tuban menyerahkan tali asih kepada beberapa petugas yang bersiaga di pos pelayanan mudik lebaran 2022. DIlanjutkan acara pemarapan internal di Mapolres Tuban. 

Pesan Irwasum kepada pemudik yang kelelahan, diantaranya menyikapi kecelakaan maut kendaraan Elf yang menabrak warga Tuban hingga tewas pada Kamis (28/4) sekitar pukul 21.30 Wib. Data dari Kanit Laka Satlantas Polres Tuban, Ipda Eko Sulistiyono menyebutkan, kendaraan Isuzu Elf Nopol B 7262 ID yang dikemudikan Umak (55) asal Kota Tanggerang mengalami kecelakaan di Jalan Tuban-Widang Km 7-8 Desa Tegalbang, Kecamatan Palang.

Kendaraan tersebut berpenumpang Surian Sukmawijaya, dan informasinya telah mengantarkan pemudik ke Lamongan dari Jakarta. Saat melintas di Tuban dari arah selatan ke utara, diduga mengantuk oleng ke kanan keluar dari badan jalan mengalami kecelakaan lalu lintas dengan dua sepeda motor. 

Sepeda motor pertama yang ditabrak yaitu Honda Beat Nopol S 2682 FZ diparkir oleh pengemudinya bernama Dimas Supramito (21) di bahu jalan sebelah timur menghadap ke selatan. Waktu itu Dimas asal Desa Tegalbang posisinya berada di atas motornya. 

Sedangkan sepeda motor berikutnya yang ditabrak yaitu Honda Vario Nopol S 3590 IV diparkir pengemudinya bernama Fathakul Amin (18) di bahu jalan sebelah timur atau di belakang motor Dimas. Untuk posisi Fathakul Amin berada di samping kanan kendaraan milik Dimas. 

"Akibatnya Dimas alami luka berat dan Amin alami luka ringan," sambung Ipda Eko. 

Lebih lanjut, Eko menambahkan dalam perawatan di RSUD Koesma Dimas akhirnya meninggal dunia. Kecelakaan di kawasan padat penduduk itu, kondisi jalan lurus beraspal dan diduga kuat sopir Elf mengantuk. [Ali]