Mudik Lebaran 2022, Polres Tuban Beri Janur Kuning Bagi Pelanggar Lalu Lintas

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) pada Kepolisian Resor (Polres) Tuban, mulai menerapkan penandaan janur kuning bagi kendaraan pemudik yang melanggar lalu lintas di Kabupaten Tuban selama arus mudik lebaran. 

Penempelan janur ini sendiri menjadi bagian dari Operasi Ketupat Semeru 2022 selama lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Dari pantauan blokTuban.com pada Selasa (22/4/2022) siang, di depan Pos Pelayanan (Pos Yan) Kabupaten Tuban yang berada di Rest Area, puluhan petugas mulai menghentikan sejumlah kendaraan yang melakukan pelanggaran. 

Menurut Kanit Turjawali Satlantas Polres Tuban, IPTU Jamhari jika pemberian janur kuning kepada pelanggar lalu lintas tersebut merupakan intruksi dari Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur Selama berlangsungnya Operasi Ketupat 2022. 

Adanya kebijakan ini sendiri, bertujuan untuk mengedukasi para masyarakat pengguna jalan tentang penting berkendara dengan memperhatikan rambu lalu lintas. 

“Itu kegiatan edukasi, jadi kita nggak nindak cuma kita lihat beban moral. Perintahnya dari pak dir selama operasi ketupat ini kita tidak boleh menindak, namun kita tetap janur kuning agar ada beban mentalnya,” terang Jamahari kepada blokTuban.com, Selasa (26/4/2022). 

Menurutnya, dengan diberikannya janur kuning kepada para pelanggar jalan membuat para pelakunya secara tidak langsung menjadi sadar kesalahan yang telah ia perbuat, sehingga tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

Selain memberi janur kuning kepada para pelanggar jalan selama arus mudik lebaran 2022 ini, Jamhari juga memberikan edukasi terkait kondisi ruas jalan yang ada di Kabupaten Tuban, agar pengendara bisa lebih hati-hati dan selalu  waspada. 

“Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, harus berhati-hati. Tetap kita sampaikan edukasi jalan ini berlubang, jalan ini umpamanya blackspot,” katanya. 

Lebih lanjut, ia berharap jika masyarakat yang diberi janur kuning bisa sadar dan mau untuk bersama-sama menjaga keselamatan di jalan raya. [Sav/Ali]