Ini Makna dan Pembuat Patung Kuda Jingkrak dari Knalpot Brong di Rest Area Tuban

Reporter : Fahril Elly

blokTuban.com - Ikon baru menjadi sorotan di pos pelayanan yang ada di Rest Area Tuban pada Lebaran Idul Fitri tahun 2022. Monumen unik yang berbentuk patung kuda jingkrak itu terbuat dari knalpot brong hasil dari razia sepeda motor Polres Tuban.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Tuban, IPDA Sampir Santoso, mengatakan bahwa patung kuda tersebut diperoleh dari beberapa hasil razia, antara lain waktu Operasi Lilin beberapa bulan lalu kurang lebih 230 knalpot yang terkumpul.

Hal tersebut menimbulkan ide dari Satlantas Polres Tuban, agar knalpot yang terkumpul tidak hanya bertumpuk begitu saja, sehingga dibuatlah patung kuda tersebut.

"Dari knalpot brong ini bagaimana cara agar tidak terkumpul sia-sia, sehingga timbul ide patung ini," ungkap IPNU Sampir Santoso kepada blokTuban.com, Selasa (26/4/2022).

Sementara itu, patung yang berbentuk kuda jingkrak sebagai simbol PemKab Tuban dan hewan yang ditunggangi oleh salah satu Adipati Tuban zaman kerajaan Majapahit terdahulu. 

"Patung ini juga dalam rangka edukasi bagi masyarakat bahwa knalpot brong ini tidak diperkenankan," terangnya.

Dalam pembuatan patung tersebut dibutuhkan waktu sekitar satu minggu yang melibatkan siswa dan guru SMKN 1 Tuban. Dipilihnya Rest Area sebagai peletakkan monumen patung kuda tersebut, karena nantinya di sana akan digunakan sebagai Pos Polisi permanen.

"Di samping itu dapat memberikan hiburan kepada masyarakat, ternyata knalpot brong juga bisa dimanfaatkan untuk patung yang berbentuk kuda," jelasnya.

Polres Tuban berharap, dengan adanya patung tersebut sebagai simbol kepada masyarakat atau pengendara sepeda motor jangan memakai knalpot brong karena melanggar Undang-undang Lalu Lintas dan menimbulkan kebisingan pada masyarakat. [Fel/Ali]