Sensasi Bersepeda Malam di Bulan Ramadan, Kurang Konsentrasi Nyungsep di Ladang Jagung

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Selama bulan Ramadan 1443 H banyak orang-orang yang mengisi waktu luang mereka dengan beberapa kegiatan yang unik dan menyenangkan. Salah satunya ialah komunitas sepeda Alfago Tuban yang fokus bersepeda trabas dan downhill.

Komunitas sepeda yang berdiri di tahun 2020 ini memiliki cara yang unik untuk tetap bersepeda walaupun di bulan puasa. Bagi meraka Ramadan bukanlah sebuah halangan dalam bersepeda, mereka tetap berolahraga meski saat malam hari biasanya dilakukan malam Minggu setelah sholat tarawih.

Menurut Juli Wibowo (49) salah satu anggota komunitas, mengatakan kenapa lebih memilih dalam bersepeda malam karena tidak panas dan ada sensasi tersendiri dalam bersepeda di malam hari. Keseruan yang terjadi adalah ketika dalam satu trip ada salah satu peserta tertinggal agak jauh pasti akan teriak-teriak.

"Kalau medannya turun berbatu dan tikungan perlu konsentrasi lebih, jika tidak kita tidak tahu jatuhnya kemana, bisa ke jurang atau nyungsep di ladang jagung. seperti teman kita karena tidak fokus ke depan, yang lain belok dia lurus akibatnya dia nyungsep,” terang Juli kepada blokTuban.com, Senin (25/4/2022).

Biasanya Juli akan memilih rute dari beberapa jalur yang biasa dilalui. Pertama adalah rute bogoran dan finish di Bukit Kancing, kedua rute Telogonongko finishnya di Al-Falah. 

Juli Wibowo dan teman-temannya melakukan sepedanya secara enduro dengan trek exstrim, serta turunan tajam dan juga jalur berbelok-belok. Untuk jarak tempuhnya kurang lebih 5 kilometer, akan tetapi medan yang dilalui merupakan medan ekstrim.

Untuk hari-hari selain bulan Ramadan, komunitas ini melakukan kegiatan bersepeda secara rutin pada Minggu pagi, dan akan menjadi seminggu dua kali jika akan ada event. 

Ia juga membagikan tips aman bersepeda malam dengan jalur exstrim yaitu lampu harus terang, padangan dan konsentrasi harus tetap terjaga karena yang terlihat hanya jalur setapak di depan. Serta bekal wajib yang harus dibawa yaitu minum, peralatan secukupnya, dan terutama ban dalam cadangan harus disiapkan. [Nur/Ali]