Lebaran Sudah Dekat, Yuk Berikan Hampers Buat Orang Tesayang

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Hari Raya Idul Fitri 1443 H tinggal menghitung hari, maka tak heran banyak masyarakat yang mulai mempersiapkan segala macam kebutuhan. Salah satunya dengan memberikan bingkisan atau hampers untuk orang terkasih. 

Momentum tersebut, tentu membuka peluang usaha tersendiri bagi para pelakunya. Sebab, di bulan Ramadan banyak masyarakat yang memburu barang satu ini. Di Kabupaten Tuban, sudah banyak masyarakat yang memanfaatkan hal tersebut, tak terkecuali Ani Wahyudi, Owner Slaneea Fresh yang bertempat di Kecamatan Rengel. 

Tidak hanya momen ramadan saja, hampers yang dibuat Ani sapaan akrabnya ini juga menjual hampers pada hari-hari biasa pada umumnya sejak hampir dua tahun yang lalu, disela-sela orderan catering diet yang dilakoninya.  

“Usaha kami catering diet sudah tahun kedua, tetapi disela orderan rutin paket diet ada juga kita sediakan paket hampers. Jadi hanya usaha selingan saja,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Sabtu (23/4/2022). 

Ada banyak menu varian yang ditawarkan dalam paket hampers miliknya itu, diantaranya paket ayam betutut bali, dan paket kareem yang masing-masing terdiri dari beberapa varian menu. 

Harga yang ditawarkan untuk berbagai paketnya pun bervariasi, mulai dari Rp83 ribu hingga Rp158 ribu, tergantung dari pilihan paket yang dipilih oleh pelanggan. Selama dua tahun menjalani usaha ini, ia mengaku jika pesanan hampersnya di tahun ini lebih meningkat dari tahun sebelumnya.

“Pembeli meningkat untuk tahun ini, mungkin seiring follower kami juga makin bertambah karena promo kami hanya lewat instagram,” terangnya. 

Usaha hampers makanan milik Ani ini sendiri, berawal dari banyaknya pelanggan yang memesan gift untuk para kerabatnya yang sedang melakukan isolasi mandiri karena terpapar virus Corona. 

Hal itu dikatakannya karena ia memulai usaha ini saat pandemi Covid-19 mulai mewabah di Indonesia. Dari pesanan yang ia peroleh itulah yang akhirnya membuat bisnis hampersnya berlanjut hingga sekarang.

“Kita mulai usaha kan awal pandemi dan sistemnya DO dengan kurir kita sendiri. Apalagi produk kita kan produk healthy food. Di awal sebelum bulan puasa udah sering dipesan untuk gift kerabat yang isoman gitu. Nah, kita kemas simple dengan ucapan ya akhirnya pas Ramadan otomatis berlanjut, di luar Ramadan juga tetap dipesan rata-rata untuk orang sakit,” jelasnya.

Menurutnya, rata-rata customer yang membeli produknya tersebut dari Tuban hingga Bojonegoro melalui jasa kurir yang telah disediakannya secara gratis untuk pengiriman Tuban Kota dan Bojonegoro Kota.

Selama dua tahun menjalani bisnisnya, Anis mengaku tidak ada kendala yang berarti. Sebab, apa yang ditawarkan untuk paket hampers merupakan produk yang biasa dibuatnya untuk catering dietnya. 

“Customer kita 35 persen Tuban kota dan 75 persen Bojonegoro kota, tapi produk utama kita bukan hampers tapi paket catering diet mingguan,” katanya. [Sav/Ali]