Kronologi Innova Reborn Terbakar di Tuban, Pengemudi dan Istrinya Sempat Tak Bisa Keluar Mobil

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Sebuah kendaraan Innova Reborn dengan nomor polisi S 1784 HT terbakar di Jalan Raya Tuban-Widang timur Pos Lantas Temangkar. Kejadian tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 04.45 wib, Sabtu (23/4/22). 

Beruntung dalam kejadian itu tidak adanya korban jiwa. Kapolsek Widang, AKP Rukimin menyampaikan, kronologi kejadian berawal saat korban bernama Lasmuri Djudi (47) bersama sang istri mengendarai mobil Inova rebon dengan nomor polisi s 1784 ht yang di sewa dari rental mobil yang berada di Tuban. Berangkat dari rumah dengan tujuan untuk pergi ke Malang sekitar pukul 02.30 wib. 

"Mobil tersebut kemudian berhenti di SPBU Sleko Tuban dan sesampai di Jalan Raya Tuban-Widang tepatnya di Desa Banjar, Kecamatan Widang tiba-tiba mobil mati mesin diikuti lampu indikator mati," ujar Kapolsek Rukimin.

Selanjutnya korban menepikan kendaraanya di pinggir jalan dan melihat asap di kabin depan mobil. Setelah itu, saksi bersama dengan istrinya yang saat itu duduk di bangku tengah berusaha keluar dari mobil yang saat itu pintu mobil terkunci dan korban membuka paksa pintu sehingga bisa keluar dari mobil. 

"Sesaat kemudian datanglah beberapa warga untuk membantu memadamkan mobil dengan air, namun api semakin membesar dan terjadi ledakan 4 kali dari mobil. Kerugian ditaksir Rp250 juta," imbuh mantan Kapolsek Jenu itu. 

Pemadam kebakaran yang datang langsung berusaha mematikan kobaran api yang membakar mobil tak sampai 5 menit api dapat dipadamkan. Sementara itu, saat kejadian arus lalu lintas di Jalan Raya Tuban-Widang tidak mengalami gangguan. 

Menurut AKP Rukimin dugaan kejadian disebabkan oleh kurang beruntungnya korban dalam menyewa mobil. Ia menghimbau agar lebih berhati-hati lagi serta mengecek kendaraan sebelum berpergian.

Terpisah, Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Tuban, Sutaji menjelaskan, usai menerima laporan tersebut tim Satpol PP dan Damkar atas petunjuk pimpinan segera bergerak cepat menuju lokasi dengan membawa 3 ( tiga) Unit mobil Pemadam Kebakaran 2 (dua) unit dari Mako Induk dan 1 (satu) unit dari Pos Rengel menuju ke lokasi kejadian.

Sekitar Pukul 05.10 WIB tim tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman. Tim berhasil memadamkan api sekitar Pukul 05.50 WIB dan selanjutnya melakukan pembasahan.

"Tim juga menghimbau kepada pengendara (saksi korban) agar selalu mengecek kondisi kendaraan (mobil) mulai dari mesin, kelaikan jalan dan mengingatkan kalau mengecek mobil tidak menggunakan peralatan yang berpotensi menimbulkan kebakaran," tandas mantan Camat Bancar itu. [Nur/Ali]