Ini Pesan Sekda Tuban pada 138 Pejabat Fungsional yang Baru Dilantik

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Sebanyak 130 aparatul sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Tuban menerima SK Pelantikan Jabatan Fungsional. Pengambilan sumpah jabatan dilakukan di aula Dinas Pendidikan oleh Sekda Tuban Budi Wiyana.

 ASN yang dilantik terdiri dari guru, dokter gigi, Bidan, apoteker, auditor, pengawas mutu pakan, perawat pelaksana, pranata lab kesehatan, serta pengawas penyelenggaraan urusan pemda.

Sekda Budi Wiyana mengucapkan selamat kepada seluruh ASN yang dilantik. Ia mengingatkan jika ASN menjadi garda terdepan dalam bidang pelayanan publik di Kabupaten Tuban. Optimalisasi kinerja sangat dibutuhkan untuk pencapaian pelayanan publik yang prima, demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tuban.

 “Harus bisa menambah motivasi dan semangat dalam memberikan pelayanan, untuk percepatan pencapaian visi misi Bupati dan Wakil Bupati yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Sekda juga mengingatkan jika pelantikan tersebut jangan hanya menjadi seremonial biasa, tetapi sebagai pengiat amanah harus dijalankan dengan baik. 

“Amanah ini perlu tanggungjawab serius,” tegasnya.

Sekda juga meminta agar seluruh ASN sesuai dengan tugas masing- masing melakukan update data serta peka terhadap lingkungan sekitar. Ini penting, sebab data akan menentukan arah kebijakan serta peningkatan standar mutu pelayanan.

 “Seperti perawat, harus paham tentang data stunting, guru harus paham tentang data pendidikan, jadi harus selalu update dan responsive,” ungkapnya. 

ASN juga sebagai unsur birokrasi yang menjadi pelaksana kebijakan pemerintah.  Untuk itu, wajib bagi ASN meningkatkan kapasitas kemampuan. 

“Apalagi, ASN dengan fungional jabatan yang memiliki kompetensi tertentu, wajib hukumnya mengupgrade ilmunya,” pungkasnya.[ono]