Ziarah dan Tabur Bunga di TMP, Kegiatan Lapas Tuban dalam Peringati HBP

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58,  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur menggelar berbagai kegiatan.

Salah satunya adalah kegiatan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Tuban. Selain pimpinan dan pegawai Lapas, ikut serta Dharma Wanita Persatuan. Tabur bunga dilaksanakan Rabu (20/04/2022) pagi. Sebelum tabur bunga ke pusara makam, didahului dengan upacara dan peletakan karangan bunga.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kalapas Tuban, Siswarno beserta jajarannya dan Dharma Wanita Persatuan Lapas Kelas IIB Tuban. Acara berlangsung secara sederhana dan penuh khidmat. 

"Kita sebagai abdi negara dalam Kementerian Hukum dan HAM melalui kegiatan ini diharapkan bisa meneladani, mengingat jasa-jasa para pahlawan  yang telah mendedikasikan, mengabdikan dirinya untuk bangsa dan negara,’’ ujar Siswarno.

Selain itu, kata dia,  dengan seluruh jiwa dan raga mempertahankan Indonesia. Karena itu, sudah sepatutnya kita meneruskan perjuangan para pahlawan dengan  bekerja lebih baik ke depannya. Berkontribusi kepada kemajuan negara dan zaman.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawan. Begitu pidato Proklamator Ir. Soekarno dalam dipidatonya pada  10 November 1961,’’ kata Siswarno.[ono]