Cuaca Ektrem, Hasil Tangkapan Ikan di Tuban Menurun

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Cuaca ekstrem yang terjadi beberapa bulan belakangan ini, membuat tangkapan ikan segar di sejumlah daerah mengalami penuruna, tak terkecuali di Kabupaten Tuban. 

Berkurangnya hasil tangkapan nelayan tersebut, mengakibatkan sejumlah jenis ikan segar di Kabupaten Tuban mengalami kenaikan, setidaknya Rp5 ribu hingga Rp10 ribu per kilogramnya. 

Hal ini diungkapkan oleh Ratna, salah seorang penjual ikan segar di Pasar Ikan Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Rabu (20/4/2022). 

“Karena cuacanya jadi harganya naik, hasil tangkapannya juga nggak terlalu banyak walaupun banyak yang melaut,” terangnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lapak jualannya. 

Kendati harga ikan sedang mahal, perempuan asal Desa Kradenan ini mengaku jika minat masyarakat terhadap komoditas ikan segar justru meningkat di bulan Ramadan tahun ini.

Hal itu dibuktikan jika di bulan ini, Ratna mampu menjual masing-masing jenis ikan setidaknya 20 kilogram setiap harinya. Padahal menurutnya, angka tersebut jauh dari angka ikan yang ia jualnya pada hari biasanya. 

“Kadang sampai 20 kilo, kadang juga 15 kilogram itu untuk satu jenis ikan saja sehari segitu,” katanya. 

Sekedar diketahui, setiap harinya perempuan ramah itu menjual aneka ikan segar seperti ikan kerapu, ikan putihan, ikan mayung, ikan kakap putih, ikan cumi, udang dan masih banyak lagi. Sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB di Pasar Ikan Desa Kradenan, untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. 

Untuk itu, ia berharap agar usahanya semakin laris setiap harinya. selain itu, hasil tangkapan ikan para nelayan semakin banyak, agar harganya kembali stabil seperti sebelumnya.  

“Harapannya semoga cepat laris dan hasil tangkapannya banyak,” tandasnya. [Sav/Ali]