10 Komunitas Seni Rupa Tuban Rencanakan Kampanye Hari Menggambar Nasional

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah Pemuda yang tergabung dalam Koordinator Perupa Tuban (KORBAN) masih terus gencar melakukan kampanye Hari Menggambar Nasional, yang telah disepakati oleh lebih dari 240 komunitas se-Indonesia.

Deklarasi Hari Menggambar Nasional adalah kegiatan kolektif yang bersifat partisipatif, yang diinisiasi oleh Forum Drawing Indonesia (FDI). 

FDI sendiri bukanlah sebuah organisasi, melainkan hanya sebuah forum komunikasi bersama, sehingga pergerakan event juga tidak tersentral. Dengan sengaja dibuat Dissentralisasi agar semua komunitas se-Indonesia memiliki kedudukan yang sama.

Rencananya, kegiatan deklarasi akan digelar secara serentak pada 14 Mei 2022 di beberapa titik se-Indonesia. Sementara di Jawa Timur sendiri kegiatan akan terpusat pada tiga lokasi yaitu Surabaya, Pasuruan, dan juga Kabupaten Tuban. 

Poin utama dalam acara kolektif ini adalah untuk menetapkan tanggal 2 Mei sebagai Hari Menggambar Nasional dan bulan Mei sendiri sebagai Bulan Menggambar Nasional yang akan dideklarasikan serentak oleh 240 komunitas di seluruh Indonesia pada 14 Mei 2022 jam 3 sore.

"Kabupaten Tuban memang terlibat langsung dalam event kolektif yang digelar secara serentak oleh lebih dari 240 komunitas yang ada di seluruh Indonesia, tapi sifat kegiatannya adalah partisipatif dan tidak tersentran pada satu titik," Muchammad Nahrussodiq, Ketua KORBAN kepada blokTuban.com, Jumat (15/4/2022).

Berdasarkan hasil rapat pada 13 April 2022 menyimpulkan beberapa hal, diantaranya perlunya publikasi melalui pemberitaan di media, dipusatkannya seremonial pada dua titik yaitu Tuban Kota dan di Kecamatan Jatirogo, serta teknis pendokumentasian baik yang untuk konsumsi internal maupun untuk diunggah serentak bersama 240 komunitas Seni Rupa se-Indonesia. Kampanye dimulai pada 17 April 2022.

Tak kalah penting dan menjadi hasil dari rapat tersebut adalah kesepakatan dari 10 komunitas Seni Rupa di Kabupaten Tuban, yaitu Rumah Persinggahan Art Lab, Sanggare Cah-cah, Sirkus Kota, Komunitas Seni Jatirogo (KSJ), Komunitas Seni Tuban (KOST), Komunitas Seni Rupa Ronggolawe (KSRR UNIROW), Tuban Doodle Art (TUDART), Nggeneng Art Home, Kusno Art, dan Komunitas Seni Smuja (KSS).

Mereka yang akan mendeklarasikan 2 Mei sebagai hari gambar nasional dan bulan Mei sebagai bulan menggambar nasional secara serentak pada 14 Mei 2022 pukul 15.00 WIB. [Ali]