Ramadan, Wisata Religi Asmoroqondi Sepi Pengunjung

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Seperti halnya objek-objek wisata religi lainnya, makam Asmoroqondi yang terletak di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban juga mengalami penurunan jumlah pengunjung di bulan Ramadan 1443 H. 

Sepinya pengunjung itu diduga karena pada bulan Ramadan, kebanyakan masyarakat lebih memilih untuk bersantai dan menghabiskan waktu di rumah dibandingkan harus bebergian, Selasa (12/4/2022). 

"Kalau Ramadan sepi biasanya, paling cuma satu, dua orang saja yang datang. Beda kalau sebelum Ramadan pengunjungnya lumayan banyak," terangnya kepada blokTuban.com. 

Kondisi ini dikatakan pria ramah itu, jauh berbeda bila nantinya sudah mendekat di akhir bulan Ramadan. Sebab, pada saat itu banyak pengunjung yang berbondong-bondong ke makam Asmoroqondi untuk berziarah.

"Kalau sudah maleman biasanya yang mulai ramai, tapi kalau awal-awal Ramadan ya sepi," katanya. 

Senada dengan Wemi, salah seorang pedagang di area wisata juga mengungkapkan saat bulan ramadan tiba, pengunjung di wisata religi di Jalan Daendles akan sepi dan kembali membludak menjelang akhir bulan Ramadan. 

"Memang sepi kalau puasa, kalau maleman baru ramai lagi biasanya," tandas Tiwi.

Oleh karenanya, ibu dari dua anak ini mengaku jika di bulan Ramadan ia lebih memilih untuk tidak menjajakan dagangannya karena sepi. Akan buka kembali di waktu yang telah diperkirakannya ramai kembali oleh pengunjung. [Sav/Ali]