Jarang Disadari, Ini Penyebab Handphone Mati Total dan Tidak Bisa di Charger

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada era yang semakin modern, segala urusan masyarakat lebih di mudahkan oleh kecanggihan teknologi. Salah satu teknologi yang dianggap paling penting oleh masyarakat ialah Smartphone. 

Sebab, dengan adanya smartphone masyarakat bisa saling terhubung dan memiliki pengetahuan lebih luas melalui jejaring internet yang merupakan sumber dari segala informasi. Namun, dalam penggunaan smartphone juga tidak luput dari masalah, karena sewaktu-waktu bisa rusak karena beberapa kesalahan teknis dari pemiliknya. 

Salah seorang teknisi Handphone yang berada di Kecamatan Plumpang, Muhammad Nur Qomari mengatakan, kebanyakan masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone ialah handphone yang tiba-tiba mati total dan tidak bisa di charger. Oleh karena itu, untuk menghindari kesalahan tersebut, perlu tahu apa saja faktor-faktor yang dapat menyebabkan kan handphone menjadi matot alias mati total. 

"Kasus kerusakan yang paling banyak yaitu Hp mati. Faktornya banyak, salah satunya karena ketahuan selingkuh dan Hp dibanting," ungkapnya kepada blokTuban.com, Sabtu (9/4/2022). 

Artinya, penyebab dari handphone rusak tersebut karena human eror seperti terbanting. Selain itu, lanjut Qomari faktor lainnya ialah overheat yaitu pemakaian yang berlebihan sehingga Hp cenderung menjadi panas dan berada di suhu tinggi. Jika hal ini dibiarkan, maka bisa berakibat fatal. Panas yang dihantarkan dapat merusak komponen-komponen yang ada didalam Hp dan beresiko sangat fatal salah satunya mati total. 

Faktor penyebab Hp mati total berikutnya adalah water damage yang disebabkan karena terkena air. Pasalnya Hp yang mati total juga bisa disebabkan oleh konslet yang juga dapat merusak komponen serta performa pada ponsel kita. 

"Penyebab lain karena Overheat, waterdamage, over charging terus charger sama kabel nya harus ori karena sekarang sudah auto stop biar nggak over charging," ungkapnya. 

Oleh karena itu, pengguna smartphone juga harus memperhatikan charger yang digunakan untuk mengisi daya baterai. Ketika tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel bisa menjadi penyebab Hp mati total dan tidak bisa dinyalakan. 

Tidak sampai disitu saja, penggunaan Hp sampai ponsel dalam keadaan mati juga dapat menimbulkan masalah. Rata-rata masih banyak masyarakat yang melakukan hal itu. Sebaiknya mengisi daya baterai Hp saat sudah mendapatkan peringatan karena jika terus menunggu Hp mati, maka dapat mengganggu pengisian daya dan juga bisa memicu terjadinya Hp mati total. [Sav/Ali]